ITS Media Center

Senin, 24 September 2018
12 Juli 2018, 03:07:52

Abinara-1 Tampil Meyakinkan dalam Running Test

Oleh : itsmis | | Source : -

Abinara-1 melakukan simulasi lomba di UMY.

Yogyakarta, ITS News – Melakukan simulasi lomba bersama dengan Eilero pada Rabu (11/7), Abinara-1 milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mampu tampil meyakinkan. Meski terkendala penempatan rintangan, robot pemadam api ini dapat menyelesaikan misinya dan kembali ke tempat awal dengan cepat.

Menjajal lapangan pada undian pertama, Abinara-1 menempati lapangan A, sedangkan Eilero robot yang digawangi Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menempati lapangan B. Usai lapangan disiapkan, robot pemadam api milik ITS kemudian diletakkan di garis awal. Masing-masing robot telah siap mencari titik api dan memadamkan api di arena lomba.

Tak menunggu lama, Abinara-1 pun mulai berjalan menyusuri labirin berwarna putih tersebut. Sempat kesulitan melewati tabung balok yang dipersiapkan dewan juri, robot ini tak menyerah dan terus melaju mencari api dan berhasil unggul dengan waktu pemadaman 26,9 detik. “Regulasinya lebih mudah dari regional kemarin, hanya saja peletakan furniture yang menjadi kendala,” ujarnya.

Harits Surya Budhiarso menjelaskan awalnya terdapat kendala pada bagian sensor untuk menghindari halangan pada saat running test pertama. Hal ini berimbas pada kemampuan menghindarnya yang semakin berkurang. “kemungkinan ada yang kurang pada algoritma,” jelasnya.

Hasil running test pertama pun langsung dievaluasi oleh punggawa tim Abinara-1. Berbagai pembenahan dilakukan dan Abinara-1 siap melewati uji coba pada running test kedua yang berupa simulasi lomba.

Dampak instan langsung terlihat, tim delegasi ITS mampu lebih cepat dalam menyelesaikan tugasnya. Tercatat Abinara-1 berhasil kembali ke garis awal dalam waktu 19 detik. Usai uji coba seluruh punggawa dari ITS ini pun langsung memanfaatkan waktu yang tersedia untuk latihan agar Abinara-1 dapat tampil makasimal pada perlombaan esok hari. (hen/mik)

Berita Terkait