ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
31 Mei 2018, 13:05

Kado HUT Surabaya, ITS Resmikan Taman Air Mancur Menari

Oleh : itsmis | | Source : -

Kampus ITS, ITS News – Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Surabaya, Alumni Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ALSITS) akan mempersembahkan sebuah taman air mancur menari yang berlokasi di Bundaran ITS, Kampus ITS Sukolilo, Surabaya. Taman air mancur yang sudah mulai dikerjakan pada 17 Desember 2017 lalu itu akan diresmikan operasionalnya bertepatan pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-725 Kota Surabaya, 31 Mei 2018.

Rencananya, pada acara peresmian oleh Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana MScES PhD tersebut, juga akan dihadiri langsung oleh alumnus ITS yang sekarang menjabat sebagai Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini. Acara akan dilangsungkan pada malam hari usai dilaksanakan ibadah tarawih.

Ketua Umum ALSITS Sutopo Kristanto mengatakan, proyek air mancur menari yang dikerjakan kurang lebih selama lima bulan ini menghabiskan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar. “ALSITS ingin memberi kontribusi ke warga Surabaya, khususnya dalam memberikan kesejukkan taman di Surabaya, dengan menghadirkan air mancur di dalamnya dan diharapkan juga akan menjadi salah satu ikon Surabaya dan ITS,” ujarnya.

Mengenai konsep, Sutopo menjelaskan, air mancur menari tersebut dirancang dengan bentuk memusat meninggi yang melambangkan pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Selain itu, juga melambangkan cita-cita yang tinggi dengan segala nuansa ipteks yang terus-menerus dikembangkan.

“Semburan air yang menghasilkan butiran-butiran air yang kecil, disertai refleksi warna-warni cahaya lampu melambangkan betapa tak terhingganya ipteks yang senantiasa diperjuangkan oleh seluruh sivitas akademika ITS,” tambahnya.

Jika dilihat dari atas secara keseluruhan, air mancur menari beserta taman di Bundaran ITS ini menyerupai bentuk bunga matahari. Menurut Sutopo, bunga matahari yang berwarna kuning menjadi perlambang emas dan juga mengilustrasikan bahwa ITS terus akan senantiasa berjaya dan bersinar sebagai perguruan tinggi negeri unggul dengan predikat Kampus Terinovatif di Indonesia.

“Matahari juga merupakan simbol pusat tata surya, melambangkan ITS sebagai pusat pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat yang unggul di Jawa Timur, Indonesia dan dunia,” papar Direktur Utama Jaya Konstruksi itu.

Sementara itu, Wakil Rektor II ITS Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Sarana Prasarana Ir Heppy Kristijanto MS mengatakan, dalam pengoperasiannya nanti air mancur menari ini akan diuji coba dahulu selama dua kali dalam seminggu. “Kami akan uji coba dahulu untuk menghitung biaya operasionalnya, baru nanti akan kami tentukan air mancur ini kapan waktu beroperasinya,” jelas dosen Teknik Sipil ini.

Uji coba akan dilakukan pada hari Jumat dan Sabtu malam, para pengunjung bisa menikmatinya dari trotoar di pintu gerbang kampus ITS, tepatnya di depan tulisan Institut Teknologi Sepuluh Nopember. “Jika nanti dirasa banyak pengunjung yang tertarik, kami akan sediakan lahan parkir di belakang tulisan ITS tersebut,” pungkas Heppy. (Humas ITS)

Berita Terkait