ITS News

Selasa, 19 Maret 2024
16 Mei 2018, 16:05

Siapkan Lulusan Berkualitas, ITS Gandeng MNU Buka Double Degree

Oleh : itsmis | | Source : -

Departemen Teknik Perkapalan ITS.

Kampus ITS, ITS News – Kebutuhan akan sumber daya manusia yang kompeten dalam industri perkapalan mendorong Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mempersiapkan lulusan berkualitas di bidang rancang bangun kapal. Didasari hal tersebut, pada tahun akademik 2018/2019 ini, Departemen Teknik Perkapalan ITS bekerja sama dengan Mokpo National University of South Korea membuka progam double degree untuk jenjang sarjana.

Dilatarbelakangi oleh permintaan pemerintah Indonesia agar ITS menghasilkan lulusan berwawasan internasional, membuatnya semakin gencar melakukan kerja sama dengan universitas luar negeri. Salah satunya kerja sama antara Departemen Teknik Perkapalan ITS dengan Mokpo National University (MNU) ini.

Kepala Departemen Teknik Perkapalan, Ir Wasis Aryawan MSc PhD mengatakan, kondisi Korea Selatan sebagai pemroduksi kapal terbesar di dunia turut mendorong pembukaan double degree ini. Pasalnya, mahasiswa dirasa perlu belajar dari MNU sebagai motor penggerak industri tersebut. “Kerja sama ini ikut andil dalam menyediakan lulusan berkualitas,” ujarnya.

Selain menghasilkan lulusan yang berkualitas, menurut Wasis, kerja sama ini juga ditargetkan mampu membuka jaringan bisnis berskala internasional bagi mahasiswa ke depannya. “Di sini mahasiswa dipersiapkan untuk mampu menghadapi permasalahan di dunia kerja nantinya,” lanjut Wasis.

Program yang kali pertama bagi Teknik Perkapalan ini juga mampu membuka peluang lulusannya untuk bekerja di Korea. Kerja praktik dan pengerjaan skripsi di sana menjadi kunci mahasiswa untuk mempelajari etos kerja dan kedisiplinan mereka. “Harapannya setelah pulang, mereka dapat mengaplikasikan ilmunya di Indonesia,” imbuh alumnus University of Newcastle, Inggris tersebut.

Program double degree ini ditetapkan setelah penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) pada 4 April 2018 lalu. Tahun ini baru dapat dilakukan pendaftaran melalui Progam Kemitraan dan Mandiri (PKM) dengan daya tampung 40 orang. “Tidak ada syarat khusus bagi para pendaftar, hanya saja akan dilakukan tes bahasa Inggris di akhir seleksi penerimaan mahasiswa baru,” jelas pria asal Bojonegoro itu.

Mahasiswa yang dinyatakan lulus dan diterima pada program double degree akan mengikuti kursus bahasa Inggris dan bahasa Korea secara intensif. Mereka akan berkuliah selama tiga tahun di ITS dan satu tahun di Korea dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Sistem kredit semester (SKS) yang ditentukan adalah 82 di ITS dan 63 di MNU. “Mereka akan mendapat gelar ST dari ITS dan BEng dari Korea,” tambahnya.

Di akhir wawancara, pria berkacamata itu menambahkan pusat industri perkapalan tidak pernah menetap, selalu berpindah dari satu negara ke negara lain. Dulu bangsa Eropa menjadi pemrakarsa lewat ekspedisi pelayarannya, menginjak tahun 90-an pusat industri kapal ada di tangan Jepang, dan saat ini di era tahun 2000 pusatnya bergeser ke Korea dan China. Hal ini tidak menutup kemungkinan pusat industri itu beralih ke Indonesia.

“Bukan mustahil jika Indonesia nantinya juga bisa menjadi pusat industri kapal dunia, oleh karena itu kami sedang bersiap diri untuk menyongsongnya,” tegasnya. Wasis berpesan, calon mahasiswa yang berminat mengikuti program gelar ganda ini dapat mengakses informasinya di smits.its.ac.id. (hen/Humas ITS)

Ir Wasis Aryawan MSc PhD

Berita Terkait