ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
14 Maret 2018, 23:03

Kini Deteksi Kanker Darah Kian Mudah

Oleh : itsmis | | Source : -

Moh Hamim Zajuli Al Faroby usai mengikuti Wisuda 117. (Sumber foto: Galan Detta)

Kampus ITS, ITS News – Data yang dirilis Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menobatkan kanker sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia, setidaknya 8.2 juta kematian di tahun 2012 disebabkan oleh kanker. Fakta ini mengilhami Moh Hamim Zajuli Al Faroby, Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), untuk menciptakan program deteksi jenis kanker darah sejak dini.

Ditemui ITS Online, Rabu (7/3) Wisudawan ITS 117 ini menjelaskan kanker adalah suatu penyakit yang unik. “Penyakit kanker cenderung mengikuti pola pertumbuhan dan penyebaran tertentu. Imbasnya berbeda jenis, berbeda cara penanganan,” ujarnya.

Pria yang akrab disapa Hamim ini menjelaskan berdasarkan studi literaturnya setidaknya ada empat jenis kanker darah yang paling umum di dunia. “Dari empat jenis ini masih terklasifikasi lagi ke dalam beberapa sub jenis,” imbuh Mahasiswa Departemen Matematika ITS tersebut.

Semakin dini jenis leukimia teridentifikasi, lanjut Hamim, semakin baik penanganan yang dapat dilakukan. “Selama ini tenaga medis membutuhkan serangkaian tes untuk mempelajari contoh jaringan kanker dan tentunya memakan biaya dan waktu yang tidak sedikit,” terang lulusan SMAN 1 Glagah, Banyuwangi ini.

Memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelegence), Hamim berhasil merancang program pendeteksi jenis leukimia dengan memanfaatkan DNA/RNA pasien. “DNA/RNA pasien yang telah termutasi karena sel kanker diubah kedalam bentuk numerik, kemudian dimasukkan ke program dan akan ketahuan jenis leukimia yang diderita pasien,” beber pecinta komputer ini.

Dalam prosesnya, urai Hamim, program yang menggunakan metode klasifikasi Support Vektor Machine ini menggunakan 40 data DNA/RNA positif leukimia dari National Center for Biotechnology Information (NCBI) dan European Moleculer Biology Laboratory (EMBL) untuk dijadikan data latihan bagi pengklasifikasian data. “Hasilnya terdapat 64 ciri dari DNA/RNA Leukimia yang tereduksi lagi menjadi hanya dua ciri,” imbuhnya.

Selanjutnya, data latihan tersebut digunakan untuk menguji 25 data lain guna mengetahui akurasinya. “Gunanya untuk melihat peforma dari program ini melalui tingkat akurasi prediksi,” tutur pecinta olahraga badminton ini.

Keluaran dari program ini, kata Hamim, divisualisasi pada bidang dua dimensi untuk mempermudah analisis. Hamim mengatakan, semakin banyak data latihan yang digunakan akan semakin akurat pula prediksi yang diberikan oleh program rancangannya. “Ke depannya, akan ditambah lagi data yang dilatih agar semakin tinggi tingkat sensifitas dalam mendeteksi jenis leukimia,” terangnya optimis.

Hamim berencana untuk mengembangkan penelitian terkait program ciptaannya ini hingga mampu mendeteksi keberadaan kanker hanya berdasarkan kode DNA/RNA yang dinumerikkan. “Rencananya, akan diperluas menjadi program pendeteksi kanker secara global,” pungkasnya. (lys/qi)

Berita Terkait