ITS News

Sabtu, 20 April 2024
21 Februari 2018, 10:02

Peluang Kerja Lulusan Teknik Industri Luas

Oleh : itsrur | | Source : ITS Online

Pemberian kenang – kenangan dari panitia IE Games 13th kepada pemateri Talk Show

Kampus ITS, ITS News – Talk Show merupakan salah satu acara untuk menyemarakkan Industrial Engineering (IE) Games yang ke-13. Kali ini Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengundang salah seorang alumninya untuk memberikan pandangan mengenai dunia kerja bagi lulusan Teknik Industri, Jumat (9/2)

Ialah Rizky Arizona yang diundang untuk menjadi pembicara pada Talk Show yang dihadiri oleh para peserta IE Games ke-13. Pria yang saat ini bekerja di Port Departement PT Petrokimia Gresik ini, menjelaskan mengenai kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang lulusan Teknik Industri agar dapat menjadi tenaga professional dalam dunia industri.

Menurut pria yang akrab disapa Rizky ini, Teknik Industri merupakan integrator sistem. Artinya, seorang lulusan teknik industri harus memiliki kemampuan untuk memahami sebuah sistem. Pasalnya, departemen ini membahas industri yang luas, yang dalam penerapan praktisnya melibatkan bidang keteknikan lainnya. Wajar saja, bila peluang kerja lulusan teknik industri menjadi sangat luas. Selain itu, aspek fleksibilitas inilah yang membuat departemen teknik industri tidak pernah sepi peminat.

Karna melibatkan berbagai bidang keteknikan, pekerjaan Teknik Industri tak pernah lepas dari efisiensi. Rizky memberi berbagai contoh penerapan efisiensi yang telah dilakukan PT. Petrokimia Gresik, antara lain penurunan waktu troubleshooting, penurunan tarif bongkar muat, Anbi-Lean-Simulation, penurunan tarif truk, dan peningkatan skill setiap pekerja.

“Antusiasme untuk melakukan perubahan, kejujuran, loyalitas yang tinggi, dan kemampuan menyesuaikan diri dalam setiap kondisi juga merupakan modal utama untuk menjadi seorang Industrial Engineer” Imbuh Alumnus Departemen Teknik Industri ITS angkatan 2006 ini.

Talk Show yang diadakan di Aula Sinarmas Departemen Teknik Industri ini, mendapatkan tanggapan positif dari para pesertanya. Salah satunya adalah Zahrani Ayu Putri yang merupakan semifinalis dari SMA Negeri 5 Palembang. Ia mengaku tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Departemen Teknik Industri ITS setelah mengikuti Talk Show ini.

“Materi yang disampaikan sangat bagus, yang sebelumnya saya tidak mengerti bagaimana dunia kerja lulusan Teknik Industri, sekarang malah tertarik untuk bergabung didalamnya,” tegas Zahrani ketika ditemui ITS News.

Mengetahui tanggapan para peserta, Vico Ilham Saputra, ketua pelaksana IE Games kali ini merasa senang karena bisa berbagi ilmu mengenai peranan lulusan Teknik Industri di dunia kerja khususnya di PT. Petrokimia Gresik. “Bahagia rasanya, melihat peserta yang sangat antusias mengikuti talk show,” tegas Vico. Ia juga berharap, kedepannya para peserta dapat lebih membuka cakrawalanya tentang Teknik Industri dan peranannya dalam dunia kerja. (rur/bal)

Berita Terkait