ITS Media Center

Jumat, 20 Juli 2018
05 Februari 2018, 18:02:41

STATION ITS Soroti Angka Melek Internet Indonesia

Oleh : gol | | Source : -

Panitia STATION berfoto usai acara berakhir, Minggu(4/2)

Kampus ITS, ITS News-Mengusung tema Statistic in Social Media Data Analys, Statistic Competition (STATION) Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menantang peserta untuk menganalisa angka melek internet masyarakat Indonesia. Peserta juga berkesempatan memberikan idenya untuk mengatasi permasalahan berkaitan dengan internet di Indonesia, Minggu(4/02).

Ketua Pelaksana STATION, Nadhifa Ayu Shafirra mengatakan  tema tersebut dipilih karenabanyaknya masyarakat Indonesia yang menggunakan internet, khususnya sosial media. Namun, di sisi lain masih banyak yang belum mengetahui bagaimana penyebaran penggunaan internet dan dampaknya di kehidupan masyarakat.

“Kita ingin mengajak peserta mengetahui permasalahan melek internet dengan menggunakan statistika,” ujar mahasiswa Statistika tersebut.

Menurut Nadhifa, dalam perlombaan yang diikuti oleh 1885 peserta tersebut, hanya ada 6 tim yang berhak maju pada babak grand final di kampus ITS. “Tim yang menang akan membawa pulang piala Kemendikbud sekaligus tiket masuk ke Statistika ITS,” jelasnya.

STATION tahun ini diikuti oleh 22 perwakilan regional yang tersebar di berbagai kota di Indonesia. Diantaranya adalah Palembang, Jakarta,Bandung, Bogor, Solo,Semarang, Jember, Madiun, Gresik, Kediri, Malang, Pamekasan, Bali, Makassar, Banyuwangi, Medan, Mataram, Tuban, Mojokerto, Banjarmasin dan Surabaya.

Dalam perlombaan yang ke- 9 ini, dua siswa dari SMAN 1 Pamekasan berhasil membawa pulang piala dan tiket masuk ke Departemen Statistika ITS. Mereka adalah Inggis Berlianta Sinaga dan Siska Yuliana Dewi Ali yang telah mencuri perhatian dewan juri dengan presentasi dan penyajian data yang apik.

“Rasanya sangat senang bisa memenangkan lomba di ITS, perjuangan kami akhirnya terbayar,” ungkap Siska.

Disisi lain Inggis mengaku akan memanfaatkan tiket masuk tanpa tes di Departemen Statistika ITS ini. Ia menambahkan bahwa impiannya sejak dulu adalah belajar di Statistika ITS. ”Semoga kedua orang tua saya merestui, sehingga tiket masuk ini bisa menjadi barakah,” pungkasnya. (gol)

Berita Terkait