ITS News

Selasa, 16 April 2024
02 Februari 2018, 09:02

Hakun: Teknik Kimia ITS Latih Kerjasama Melalui Study Excursion

Oleh : choirul | | Source : -

Oleh:  Hakun Wirawasista Aparamarta, ST, M.MT, PhD (Dosen Teknik Kimia FTI-ITS) dan Eriska Wahyu Kusuma (Mahasiswa Lintas Jalur S1 Teknik Kimia ITS angkatan 2017)

 

Study Excursion atau disingkat SE merupakan program dari Departemen Teknik Kimia yang dianjurkan untuk seluruh mahasiswa yang belajar di Departemen yang khas dengan warna orange ini. Hal ini dikarenakan SE merupakan sarana bagi para mahasiswa untuk belajar dengan terjun langsung ke dunia industri. Selain dapat mengenalkan secara langsung bagaimana implementasi studi di dunia industri nyata, program ini juga dapat membangunkan hubungan ITS dengan Industri terkait serta kekompakan angkatan atau yang dikenal dengan istilah kerennya teamwork.

Untuk kali ini mahasiswa lintas jalur teknik kimia FTI-ITS angkatan 2017 berangkat SE pada tanggal 7 sampai 11 Januari 2018 dengan mengunjungi  PT Aneka Gas Industri dan PT Nestle di daerah Cikarang , PT MNK di Cikampek dan  Badan Teknologi Nuklir Nasional di Bandung. Dengan mengusung tema “Chemical Engineering Careers and Overviews in Industry”, kegiatan SE ini didampingi oleh dua dosen pembimbing yakni Hakun wirawasista Aparamarta, ST, M.MT, PhD dan Dr. Eng Raden Darmawan, ST, MT serta diikuti 22 mahasiswa LJ angkatan 2017.

Dengan dipimpin oleh ketua SE, Bachtiar Adi, rombongan mahasiswa LJ ini berangkat naik bis menuju pabrik PT Aneka Gas Industri pada hari minggu pagi, 7 Januari 2018. Selang 1 hari perjalanan, rombongan ini sampai di pabrik yang main productnya adalah Nitrogen, Oksigen, dan Argon Liquid. Setelah mendengarkan penjelasan singkat terkait proses oleh manajer produksi kemudian rombongan dipersilahkan mengunjungi plant. Setelah beberapa jam di PT Aneka Gas Industri, rombongan SE ini kemudian melanjutkan kunjungan keduanya ke PT Nestle.

Dalam pabrik yang terkenal dengan produksi milonya ini, para mahasiswa sangat antusias karena selain mendengarkan proses produksi dan keliling plant, mereka diperbolehkan memainkan game sepakbola yang disediakan. Salah satu peserta yang antusias tersebut adalah Ayu. Mahasiswi lulusan D3 Teknik kimia ITS ini dengan antusias mencoba game ini. Jarang-jarang perempuan bisa main bola, ujar Ayu Larasati dengan riangnya. Setelah dari PT Nestle ini rombongan tidur di losmen daerah Karawang guna beristirahat untuk persiapan pada hari kedua.

Hari kedua rombongan mengunjungi  ke PT MNK, produsen bahan peledak. Dipabrik ini mahasiswa sangat antusias karena selain dijelaskan proses produksi, mahasiswa diperbolehkan naik tower setinggi lebih dari lima meter. Hal ini tidak disia-siakan oleh para mahasiswa “zaman now” untuk selfie. Selain selfie sendiri dan sesama mahasiswa, mereka juga meminta selfie sama pembimbingnya. Setelah selesai di PT MNK, hari terakhir mereka mengunjungi Badan Teknologi Nuklir Nasional (BATAN) di Bandung. Di instansi ini rombongan diperkenalkan dengan teknologi nuklir beserta bagaimana perkembangannya di Indonesia hingga saat ini.

Dalam kunjungan ketiga industri dan satu intansi pemerintah ini terlihat Antusiasme dikalangan mahasiswa LJ angkatan 2017 ini. Dengan bermodal pengetahuan yang selama ini didapat di bangku perkuliahan, peserta aktif meluapkan rasa ‘haus akan ilmu’ mereka dalam forum diskusi pada masing-masing instansi. “Kami melakukan tanya jawab dengan pihak industri terkait. Tidak hanya mengenai proses kimia saja, namun juga mengenai pengembangan bisnis serta mengenai manajemen pabrik, yang mana ilmu tersebut jarang kami dapatkan di kuliah.” ujar Ayu. “Ilmu baru yang sangat berharga bagi kami. Kegiatan ini tidak hanya membuat kami ‘melek’ akan dunia luar, namun juga sebagai sarana berlibur untuk merefresh pikiran” ungkapnya dengan riang. (HK & ER)

Berita Terkait