ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
18 Januari 2018, 09:01

Rektor ITS Tuntut Dua Hal Kepada PNS

Oleh : gol | | Source : -

Puluhan peserta mengikuti prosesi pengambilan sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di ITS.

Kampus ITS Surabaya, ITS News –Pelaksanaan Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, dilaksanakan pada Selasa (15/1). Acara yang bertempat di Dr Angka diikuti oleh puluhan peserta dan dihadiri langsung oleh Rektor ITS, Prof Ir Joni Hermana MSc ES PhD. Dalam sambutannya, Joni menuntut dua hal kepada para PNS yang baru dilantik.

Landasan hukum dalam pelaksanaan pengambilan Sumpah/Janji PNS adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara Pasal 66 ayat 1, Peraturan Pemerintah Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil Pasal 3 tentang kewajiban PNS, dan ditegaskan kembali dalam Peraturan Pemerintah Nomor  11 Tahun 2017 Tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil Pasal 39 ayat 1.

Penandatanganan berita acara oleh perwakilan peserta dan Rektor ITS.

Penandatanganan Berita Acara Sumpah Jabatan PNS diwakili oleh Ridha Novarita Trisanti ST MT, Abdul Munif S Kom MSc, Maskuri Albab AMd, dan Yulia Risviyanti ST. Sedangkan untuk Fungsional Pranata Laboratorium Pendidikan, diwakili oleh Sri Sunarmi SSi, Erdien Purwanto AMd, Ridha Widhianto AMd, Yeny Widya Rakhmawati AMd, dan Mohammad Hamsa AMd. Penandatanganan itu disaksikan oleh Ir Baroto Tavip Indrojarwo MSi selaku Wakil Dekan Fakultas Arsitektur, Desain dan Perancanaan serta Drs Ec Murtriyono MSi, Kepala Biro Umum.

Pengambilan sumpah ini merupakan suatu prosesi untuk melantik PNS yang baru agar dalam menjalankan tugas dan kewajibannya senantiasa taat pada pancasila , UUD 1945, Negara dan Pemerintah. Selain itu, prosesi tersebut juga sebagai salah satu usaha untuk menjamin pelaksanaan tugas kedinasan dengan penuh tanggung jawab.

Setelah para peserta mengikrarkan sumpah, Joni mengatakan terdapat dua hal yang menjadi tuntutan bagi para PNS. Diantaranya adalah tuntutan sebagai manusia yang bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Ketika tadi membaca sumpah maka sebenarnya bukan janji kepada saya dan ITS, tetapi kepada Tuhan yang menciptakan kita. Sehingga ini menjadi hal yang harus dicatat oleh kita semua,” tegas Joni.

Tuntutan kedua bagi para PNS baru di lingkup ITS adalah sebagai bagian dari ITS berstatus PTN-BH untuk melakukan yang terbaik. “Menjadi PNS merupakan hal yang sangat luar biasa dan patut disyukuri. Sebagai wujud syukur, maka bekerjalah sebaik-baiknya dan mulai saat ini, camkan untuk bekerja seprofesional mungkin,” pungkasnya. (mir/bal)

Berita Terkait