ITS News

Jumat, 19 April 2024
20 Desember 2017, 08:12

Cuitan Jokowi Soal Mobil Listrik ITS

Oleh : gol | | Source : -

Riuh tepuk tangan mewarnai kedatangan mobil bernomor polisi RI 1 di Gerbang Tol Warugunung Surabaya saat Peresiman Tol Surabaya-Mojokerto seksi IB, II, dan III, Selasa (19/12) lalu. Namun berbeda dari biasanya, nopol RI 1 yang ditumpangi presiden kali ini,  disematkan pada sebuah city car bewarna merah lengkap dengan tulisan Ezzy ITS di bagian kiri badan mobil.

Rupanya, orang nomor satu di Indonesia ini baru saja menempuh jarak satu kilometer dengan salah satu mobil listrik besutan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Ezzy II. Ditemani tim teknis sapu angin di kursi kemudi, Jokowi menghabiskan sepuluh menit untuk mengelilingi jalanan Tol Warugunung dengan mobil bertenaga baterai 20kWh dan jarak tempuh 130km tersebut.

Mobil berkecepatan maksimum 180km/jam ini mendapatkan respon positif dari presiden. Meskipun merasakan sedikit goncangan saat menaikkan gigi mobil, Jokowi menunjukkan antusiasmenya terhadap pengembangan mobil listrik karya anak bangsa tersebut.

“Kita harus terus berinovasi dan membangun infrastuktur dalam rangka mempersiapkan persaingan ekonomi dan teknologi antar negara,” tuturnya.

Selain itu, kata Jokowi pemerintah akan terus berupaya untuk mendorong produk dalam negeri, agar dapat diproduksi secara massal sehingga dapat diakses pasar. “Meskipun prosesnya lama dan sulit, pemerintah akan terus berupaya mendorong produk riset anak negeri,” jelasnya.

Presiden yang juga doyan bermain media sosial ini turut membagikan pengalamannya dengan mobil listrik ITS lewat akun media sosialnya. Seperti yang dilansir akun facebook resmi presiden, Presiden Joko Widodo, pria kelahiran Solo tersebut menceritakan pengalaman dan dukungannya ketika menjajal mobil listrik ITS disela-sela peresmian ruas tol baru Tol Surabaya-Mojokerto. Selain itu, cuitan senada juga ia utarakan lewat akun twitter pribadinya.

“Mobil listrik baru bikina mahasiswa ITS melintas di jalan tol yg juga baru, yaitu Surabaya-Mojokerto. Kita harus terus berinovasi dan membangun infrastruktur dalam rangka mempersiapkan persaingan ekonomi dan teknologi antar negara,” tulis Jokowi di akun Twitter Pribadinya, Rabu (20/12)

Selaras dengan hal tersebut, Rektor ITS, Prof Joni Hermana MSc ES PhD, memaparkan kemauan presiden untuk menjajal mobil listrik ITS adalah salah satu peristiwa bersejarah bagi ITS. “Ini adalah peristiwa langka, presiden berkenan mencoba mobil listrik karya putra-putri ITS,” tuturnya.

Lanjut Joni, hal ini akan menambah semangat mahasiswa ITS untuk terus melakukan inovasi teknologi “Serta meyakinkan bangsa kita bahwa kita bisa menghasilkan produk-produk teknologi unggulan,” ucapnya bersemangat.

Selain mobil listrik Ezzy II yang dijajal Jokowi, pada kesempatan yang sama Tim Pusat Unggulan IPTEK (PUI) Sistem dan Kontrol Ototmofi (SKO) ITS juga menyiapkan produk otomotif lain bertenaga listrik untuk dipamerkan di lokasi. “Ada satu unit supercar Lowo Ireng, dua unit motor listrik gesits, dan satu unit bus bertenaga surya dan listrik yang turut dibawa di acara tersebut,” terang Dr Muhammad Nur Yuniarto ST, Direktur PUI SKO ITS. (lys/hil)

Berita Terkait