ITS News

Kamis, 25 April 2024
19 Desember 2017, 11:12

Resmikan Tol Sumo, Jokowi Jajal Mobil Listrik ITS

Oleh : gol | | Source : -

Direktur PUI SKO ITS, bersama Presiden RI Joko Widodo sebelum mencoba mobil listrik Ezzy II (sumber: detik.com)

Surabaya, ITS News- Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo telah meresmikan Tol Surabaya-Mojokerto atau Tol Sumo seksi IB, II dan III di Gerbang Tol Warugunung Surabaya. Dalam upacara tersebut, orang nomor satu di Indonesia ini menunggangi Ezzy II, mobil listrik karya Institut Tekonologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk menjajal Tol Sumo pertama kali, Selasa(19/12).

Didampingi tim teknis sapu angin, presiden yang akrab disapa Jokowi ini menduduki kursi depan Ezzy untuk berkeliling selama sepuluh menit kemudian keluar lagi dari pintu tol Warugunung.  Ketika ditanya komentarnya, Jokowi sendiri tidak berbicara banyak tentang mobil listrik karya ITS ini. “Cuman sedikit ada goncangan ketika menaikkan gigi mobil tadi,”celetuknya.

Menanggapi mobil karya ITS ini, ia mengungkapkan pemerintah akan mendorong produk dalam negeri, untuk bisa diproduksi secara massal sehingga dapat diakses pasar. “Meskipun prosesnya lama dan sulit, pemerintah akan terus berupaya mendorong produk riset anak negeri,” jelasnya.

Tim ITS yang digawangi oleh Dr Muhammad Nur Yuniarto ST memang telah menyiapkan beberapa mobil listrik ITS untuk dipamerkan di lokasi. Mobil yang akan dipamerkan diantaranya satu unit supercar Lowo Ireng, dua unit motor listrik Gesits, dan satu unit bus bertenaga surya dan listrik.”Tapi yang akan dijajal oleh Presiden nanti adalah Ezzy II,” ungkap Direktur PUI SKO ITS ini sehari sebelumnya.

Mobil listrik Ezzy II sendiri merupakan generasi kedua pengembangan dari mobil listrik Ezzy I yang sebelumnya telah dirintis 2013 lalu. Ezzy II menggunakan tenaga baterai sebesar 20 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 130 km. Selain itu, mobil ini bisa melaju dengan kecepatan maksimum 180 km per jam dengan pendistribusian berat yang jauh lebih stabil.

Sejumlah persiapan pun telah dilalui tim dari PUI SKO ITS untuk memberikan performansi terbaik untuk bisa dijajal presiden nantinya. “Mobil dan motor yang akan ditunjukkan ke Pak Presiden ini telah diujicoba selama dua malam terakhir ini dan sekarang telah siap untuk digunakan saat peresmian Tol Sumo,” jelas Ayuning Fitri Desanti, salah satu teknisi mobil listrik ITS. (gol)

Berita Terkait