ITS News

Jumat, 29 Maret 2024
12 Desember 2017, 17:12

Kini Penggunaan Listrik Sudah Bisa Dikontrol

Oleh : gol | | Source : -

Dzhokar Ali Akbar, Rififah Hilyatul J, dan Klora Hanggiayi berfoto bersama setelah mendapat tropi Juara 2 Tellestar Competition 2017

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menduduki juara dua dalam Tellestar Competition 2017 yang diselenggarakan Telkom University, Jumat (15/11). Dengan inovasi bernama Smart Home Energy 1, mahasiswa ITS berhasil membawakan solusi penghematan pemakaian listrik untruk mengontrol pemakaian listrik rumah tangga.

Menurut data PLN, pemakaian listrik rumah tangga, merupakan beban listrik nomor satu di Indonesia melebihi industri dan sektor lainnya. Hal ini disebabkan karena pemakaian listrik rumah tangga tidak termonitor dengan baik.

Menjawab tantangan itu, mahasiswa Departemen Teknik Fisika ITS, Dzhokar Ali Akbar, Rififah Hilyatul J, dan Klora Hanggiayi membuat aplikasi yang dapat memonitor dan mengontrol pemakaian listrik rumah tangga.

Menurut Dzokhar Ali Akbar, dengan menggunakan konsep Internet of Thing (IoT), software ini dapat dihubungkan dengan hardware yang terdiri dari beberapa port dan terhubung dengan alat berukuran kecil yang terpasang disetiap stop kontak menggunakan kabel yang berfungsi mengatur penggunaan listrik.

Software ini memiliki fitur controlling dan monitoring penggunaan listrik sesuai kebutuhan. Apabila listrik yang digunakan melebihi batas, maka alat kecil yang terdapat di stop kontak akan memutuskan penggunaan arus listriknya. “Alat ini juga dapat memprediksi penggunaan listrik serta estimasi biaya yang harus dikeluarkan” Tambah Ali saat ditemui ITS Online.

Dengan segala manfaat yang dimiliki perangkat ini, Ali dan timnya berharap platform yang mereka kembangkan tidak hanya mampu menjurai perlombaan. Lebih dari itu, mereka berharap di masa yang akan dating, alat ini dapat menjawab permasalahan beban penggunaan listrik rumah tangga. “Alat ini masih dikembangkan. Semoga kedepannya alat ini akan jauh lebih sempurna, ”tambahnya (AP06/ven).

Berita Terkait