ITS News

Jumat, 19 April 2024
03 Desember 2017, 15:12

Tampil di UI, ITS Rebut Tiga Juara

Oleh : gol | | Source : -

Wakil ITS rebut tempat kedua dalam smart competition MnM’s Week 2017 UI

Kampus ITS, ITS News – Departemen Teknik Material dan Metalurgi ITS tampil sukses menggondol prestasi di tingkat nasional. Prestasi tersebut ditorehkan melalui gelaran The Metallurgy and Materials (MnM’s) Week 2017 Universitas Indonesia (UI), November lalu. Tak tanggung, tim mahasiswa ITS membawa pulang tiga gelar juara sekaligus.

Niat dan target yang di pegang, menjadi salah satu kunci suksesnya. Anggota salah satu tim dari ITS, Irvan Kaisar Renaldi mengatakan, “Karena kami semua sudah tingkat akhir maka harus menang, minimal juara tiga. Tidak mungkin kami hanya coba-coba,” tegasnya.

Mahasiswa yang akrab disapa Kaisar ini bersama timnya menjuarai dua kategori lomba sekaligus. Ia bersama kedua rekannya, Fauzan Kurniawan dan Ido Wahyu mampu meraih juara kedua untuk perlombaan smart competition. Sementara dengan tim yang lain, mahasiswa asal Bekasi ini berhasil meraih juara satu untuk kompetisi paper kategori korosi. Dan untuk posisi kedua pada kategori yang sama, ditempati tim asal ITS juga.

Paper kategori korosi di MnM’s Week 2017 UI, perwakilan ITS raih juara satu dan dua

Paper yang berjudul Pelapisan FeCrBMnSi Dengan Metode Wire Arc Spray Terhadap Ketahanan Hot Corrosion, mengantarkan Irvan Kaisar Renaldi, Alfreda Krisna dan Taufik Ramadhanu menyabet juara satu. Dalam paper tersebut mereka menyajikan inovasi pencegahan dan penanggulangan korosi yang cukup efektif, meski dengan cara yang masih jarang digunakan. Pemanfaatan material FeCrBMnSi dan metode wire arc spray terbukti bisa meningkatkan ketahanan korosi turbin gas pada temperatur tinggi.

Nilai tambah lain yang menjadikan paper ini nomor satu adalah kecakapan tim dalam presentasi dan menjawab pertanyaan kritis dari juri. Dihadapkan dengan juri yang juga seorang praktisi dalam dunia industri, tidak membuat tiga mahasiswa tersebut kecil nyali untuk menunjukkan hasil penelitian mereka saat presentasi. “Hasil penelitian yang menjanjikan serta pertanyaan kritis juri yang bisa kami jawab, menjadikan kami juara satu,” ucap Kaisar.

Pengalaman menarik juga hadir dari tim ITS lainnya yang meraih juara dua kompetisi paper. Muhammad Megah Savero dan Alif Nurahman Hakim bersama dengan karya berjudul Ekstrak Tanin dari Daun Teh Sebagai Hibitor Korosi Pipa Baja Dalam Dunia Industri, sempat mengalami kendala saat presentasi. “Pertama , kami membaca pantun kemudian di-stop juri. Mungkin karena kami berpikir ini semacam pemaparan PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa, red), bukan pemaparan ilmiah,” ujar Megah. Kejadian itu sempat membuat timnya merasa minder untuk melanjutkan presentasi, namun dengan segera mereka bangkit hingga menyabet juara. (ap07/dza)

Berita Terkait