ITS News

Sabtu, 18 Mei 2024
20 November 2017, 04:11

Kontrol Adalah Kunci Utama Teknologi Maju

Oleh : gol | | Source : -

Prof Shinji Hara mengenalkan pentingnya kontrol dalam pengembangan sains dan teknologi maju dalam kuliah tamu di Departemen Teknik Elektro ITS

 

Kampus ITS,ITS News-Departemen Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) sukses mendatangkan Prof Shinji Hara dari Chuo University. Dalam kuliah tamu bertajuk Introduction to Control: Invisible but Key for Advanced Science and Technology itu, pria yang mendapat gelar profesornya di Tokyo Institut of Technology itu mengenalkan control sebagai dasar utama pengembangan teknologi maju. Kamis (16/11).

“Olahraga apa yang paling Anda gemari?” tanya Shinji mengawali kuliah tamu. Sontak pertanyaan tersebut mengundang antusiasme para peserta yang hadir. Satu persatu peserta pun meneriakkan olahraga kegemaran mereka.

Menanggapi antusiasme peserta, Shinji tampak semakin bersemangat melanjutkan presentasinya. Menurutnya, dalam sebuah olahraga, mutlak diperlukan control untuk mengatur permainan. Selain dalam olahraga, kontrol juga perlu dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kontrol penting untuk mengoperasikan sesuatu yang Anda inginkan,” jelas pria yang pernah menjabat sebagai Presiden SICE pada tahun 2009 tersebut. Dalam kuliah tamu tersebut, profesor yang pernah mendapat penghargaan The George S Axelby Outstanding Paper Award dari  IEEE Control Sytem Society ini mempraktekkan konsep kontrol menggunakan tongkat penunjuk papan tulis.

Ia mencoba mendirikan tongkat tersebut dengan satu jari. Menurutnya, agar mampu mendirikan tongkat tersebut, ia memerlukan desain. “Mendirikan tongkat penunjuk papan tulis tentu lebih sulit dibandingkan penggaris karena desainnya berbeda,” ujar pria yang pernah mengajar di Chulalongkorn University sebagai visiting profesor itu.

Dalam pengembangan teknologi maju, kontrol  sangat diperlukan di area robotika dan aerospace. Sedangkan dalam pengembangan masyarakat, diperlukan kontrol kerangka Global/Local (Glocal) dalam pengembangan smart city.

Diakhir presentasi, Shinji turut memperkenalkan robot Bang-Bang. Robot ini mampu mempertahankan stabilitas tongkat penunjuk papan tulis meski diberi sejumlah gangguan. “Prinsip dalam menjaga stabilitas adalah menghasilkan gerakan ke kanan jika benda bergerak ke kiri,” papar mantan wakil presiden System Society in 2006 tersebut. (AP10/ven)

Berita Terkait