ITS News

Sabtu, 20 Desember 2025
21 April 2017, 11:04

IDEART, Arena Jelajah Seni dan Inspirasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Berbeda dengan acara besar yang biasa digelar setahun sekali, IDEART merupakan pagelaran langka yang hanya digelar dua tahun sekali. Oleh karena itu, IDEART selalu memunculkan konsep baru secara matang dan besar-besaran dan berkembang di setiap perhelatannya. "Kita selalu membuat hal baru di sini. Kita bisa cek dan ricek setiap dua tahun sekali, selalu berkembang," ungkap Rahmatsyam Lakoro SSn MT, Kepala Program Studi DKV.

Tahun ini, IDEART dibuat lebih besar dan memanfaatkan seluruh area di jurusan. "Sejurusan dipakai semua buat arena bermain. Dulu jalan parkiran dan area depan, sekarang sampek area belakang," tutur Andhika Dimas, ketua pelaksana IDEART 2017. Ia juga berharap peningkatan ini bisa sebanding dengan jumlah pengunjung. "IDEART tahun lalu 5500 pengunjung dalam dua hari. Sekarang TUK kita 7000," ujar mahasiswa angkatan 2014 tersebut.

Sederet pagelaran seni mewarnai IDEART 2017 ini. Seperti pameran karya lomba, pameran karya mahasiswa, pameran komunitas, pameran instalasi, mapping, hingga bazar kreatif. Digelar pula kompetisi desain yang mencakup desain packaging, desain fashion, serta desain interior. Kompetisi ini sukses menjaring minat 100 bakat-bakat muda dari seluruh Indonesia. Seperti Aceh, Riau, Bali, Medan, dan lain-lain.

Sebelum acara puncak malam ini, IDEART telah diawali dengan beberapa acara seperti bincang santai yang menghadirkan pembicara-pembicara kreatif yang ahli di bidangnya masing-masing. Seperti Dus Duk Duk yang merupakan alumnu Despro ITS, Ilham Akbar Habibie, Direktur PT Ilthabi Rekatama, Industri Dirgantara Pesawat R-80, Hermawan Dasmanto dari ARA Studio, dan Singgih S Kartono, founder Magno Design.

Dengan tagline Through Design, Inspire You, IDEART berharap dapat menanamkan pentingnya desain bagi masyarakat Jawa Timur, terutama Surabaya. IDEART juga dapat menjadi ajang mencari inspirasi bagi para pengunjung. Selain itu, acara ini diselenggarakan agar dapat meningkatkan potensi, minat, bakat, dan kreativitas. Serta memajukan perkembangan industri kreatif di Indonesia. (mbi/hil)

Berita Terkait