ITS News

Senin, 18 Januari 2021
22 September 2016, 09:09

Prodistik ITS Luaskan Kerjasama Hingga Kalimantan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kerja sama tersebut dinamakan Program Pendidikan Terapan dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Prodistik) dan resmi berjalan sejak 2012. Program yang pada 2007 merupakan proyek dari Dikti ini sukses bertahan hingga sekarang, bahkan semakin memperluas pengaruhnya.

Terbukti pada Rabu (22/9), sebanyak 25 sekolah memperbarui nota kesepahaman mereka dengan ITS. Selain itu, terdapat tiga sekolah yang baru resmi bergabung, yakni MA Islamiyah Senori Tuban, SMA Muhammadiyah 1 Gresik, serta MAN Model Palangkaraya.

Ketua Pelaksana kerjasama MAN-SMA dan ITS bidang TIK, Dr Ismaini Zain M Si mengatakan, ini adalah kali pertama Prodistik bermitra dengan sekolah di luar Jawa Timur. Hal ini karena kendala jarak serta tenaga. "MAN Model Palangkaraya kami setujui karena ternyata waktu tempuh ke sana relatif cepat," aku Ismaini kepada ITS Online.

Selain alasan kemudahan akses, ada sejumlah standar yang harus dipenuhi pihak sekolah sebelum melaksanakan kerja sama. Di antaranya ialah kapasitas laboratorium komputer yang tiap komputernya maksimal digunakan oleh dua orang.

"Banyak sekolah yang terpaksa kami tolak karena fasilitasnya kurang mumpuni. Namun ketika melakukan pengecekan fasilitas di MAN Model Palangkaraya, kami dapati bahwa sarana dan prasarana di sana sangat bagus. Sehingga akhirnya kami berani bekerjasama," lanjutnya.

Terkait program pendidikan yang akan dilakukan, kurikulum yang diterapkan dalam Prodistik hampir setara dengan D1. Diajar oleh para guru yang telah mendapat pembinaan dari ITS, siswa juga diharuskan menuntaskan 36 sks selama lima semester atau dua setengah tahun. "Waktu pembelajaran dilakukan sebanyak dua hingga tiga jam setelah jam sekolah usai," terangnya. (sva/pus)

Berita Terkait