ITS News

Jumat, 19 Desember 2025
03 April 2016, 16:04

Stimulasi Kreativitas, ITS Kampanyekan Pentingnya Bermain

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kampanye ini diwujudkan dengan sebuah maskot Archproject yang berbentuk seekor kucing bernama Oranyaw. Kucing raksasa ini berkeliling di sekitar Taman Bungkul saat Car Free Day sedang berlangsung. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian masyarakat di sekitar taman.

Ketua Panitia Archproject Himasthapati Arsitektur ITS Jafni Zul Fahmi mengatakan, bermain dapat merangsang kreativitas dan juga mood yang baik pada diri seseorang. Dengan demikian, produktivitas orang tersebut juga meningkat.

"Kita akan mencoba menghadirkan permainan sebagai stimulan kreativitas pada Sabtu (9/4) mendatang.  Acaranya diadakan selama dua hari bertempat di Jurusan Arsitektur ITS," jelasnya. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat tahun ini yaitu PLAY.

Jafni menuturkan, permainan yang dihadirkan nanti adalah karya dari para finalis MORPH Design Competition. MORPH sendiri adalah kompetisi desain instalasi tempat bermain tingkat nasional yang juga bagian dari Archproject.

Salah satu contoh permainannya adalah Lego Homemade buatan panitia Archproject sendiri yang berdimensi raksasa yaitu 50 x 50 sentimeter. Dari lego berjumlah total 100 buah tersebut, lanjutnya, seseorang bisa berkreasi dengan bebas dalam membuat bentuk atau karakter apapun.

"Seperti pada gelaran Main Oranye lalu, lego-lego tersebut disusun membentuk karakter superhero andalan oleh siswa-siswa SD Kejawan Gebang Surabaya. Ketika melihat lego homemade tersebut, mereka terangsang berimajinasi dan jadi lebih kreatif," paparnya.

"Realisasi instalasinya nanti full dari bambu. Kita ingin menghadirkan kegembiraan dan kebersamaan, namun dalam kesederhanaan yang bisa dinikmati semua kalangan," pungkasnya kepada ITS Online. (owi/pus)

Berita Terkait