ITS News

Rabu, 01 Desember 2021
20 Agustus 2015, 23:08

SLRI Tawarkan Kerjasama Riset Dengan ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -
SLRI adalah Organisasi Publik di bawah pengawasan Departemen Ilmu dan Teknologi Pemerintah Kerajaan Thailand. Lembaga ini mengoperasikan Siam Photon Laboratorium (SPL) yang merupakan fasilitas sinkrotron pertama di Thailand. Sinkrotron sendiri adalah partikel pemercepat dorongan proton, deutron, atau elektron pada energi tinggi. 
Kolaborasi riset ini turut membonceng Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dan beberapa kampus lain. Selain ITS, Institut Teknologi Bandung (ITB ) dan Universitas Negeri Malang (UM) juga berpartisipasi dalam kerja sama tersebut. Dalam tawaran kerjasama ini, para peneliti difasilitasi untuk melakukan berbagai riset. Seperti penggunaan X-Ray Absorption Spectroscopy (XAS), Small/Wide Angle X-Ray Scattering  (SAXS/WAXS), Photoemission Electron Microscopy (PEEM), dan beberapa teknik penguasaan akselerator partikel lainnya.

Seperti yang dikatakan oleh Kepala Bagian Pengguna Jasa SLRI Dr Wutthikrai Busayaporn, pemanfaatan akselerator partikel dapat digunakan untuk pendalaman riset. Mulai dari bidang kimia, biologi molekuler, metalurgi, fisika partikel , dan penelitian lainnya. "Penggunaan konsep tersebut mengaplikasikan neutron dan sinkroton demi pencapaian hasil maksimal,"terangnya.

Bagi Wutthikrai, mencari rekan dari negara asing sangatlah penting. Untuk itu ia rela berbagi fasilitas dengan peneliti lain dalam lingkup ASEAN. "Bekerja sama dapat membuahkan hasil yang lebih baik," tandasnya.

Hal senada turut dilontarkan oleh seorang peneliti BATAN, Edy Giri Rachmanputra. Edy merasa sudah saatnya Indonesia menjawab permasalahannya berasaskan sains. Tak heran jika ia sangat mendukung tawaran kerja sama SLRI dengan ITS. "Pembangunan kerja sama antar negara sangat penting terutama pemanfaatan teknologi," ujar peneliti nuklir itu.

Bak gayung bersambut, tawaran tersebut dijawab dengan antusias oleh dosen ITS. Seusai acara, terlihat beberapa dosen mulai membincangkan riset bersama tim SLRI. Atas respon baik tersebut tim SLRI berjanji akan mengadakan workshop reguler untuk menambah wawasan sivitas akademika ITS. (ven/pus)

Berita Terkait