ITS News

Kamis, 18 Desember 2025
12 Maret 2015, 16:03

Filosofi Kopi, Bongkar Branding Kopi Indonesia

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Filosopi Kopi merupakan cerita dua sahabat penikmat kopi yakni Ben yang diperankan Chico Jericho dan Jody oleh aktor kawakan Rio Dewanto. Berbeda dengan film kebanyakan, diakui Angga film ini membawa sesuatu yang bukan sekadar film. "Kami ingin melakukan branding kopi Indonesia sekaligus menjelaskan makna filosopi kopi itu sendiri," jelasnya.

Branding yang dimaksud berupa peluncuran produk-produk lain bermerek serupa seperti pembukaan kedai-kedai kopi yang tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Selain itu, akan ada pula penjualan merchandise, aplikasi, dan penyiaran serial TV Filosofi Kopi. Lebih lanjut, menurutnya, dengan konsep artisan branding-nya akan ditekankan pada kualitas kopi, penyajian, bahkan back end hubungan dengan para petani.

Rio Dewanto yang turut hadir mengatakan, kopi Indonesia adalah kopi dengan kualitas terbaik ketiga di dunia. Sehingga, lanjutnya, keberadaan brand kopi asing yang menginvasi pasar Indonesia sedikit banyak menyulitkan komoditas kopi Indonesia. "Terkhusus petani kopi, lewat branding Filosofi Kopi ini harapannya akan lebih baik pasar dagang kopi Indonesia," ujarnya.

Di akhir, Angga juga menerangkan bukan sebuah keharusan bagi mahasiswa untuk menonton film ini. Yang terpenting adalah pesan yang ingin disampaikan Filosofi Kopi bisa dimengerti orang kebanyakan. "Tidak selamanya Indonesia harus berpangku pada brand asing," tegas Angga. Bermodalkan film sebagai media branding, ia berharap semua pihak dapat turut serta mengangkat kekayaan kopi Indonesia untuk bersaing dengan brand luar. (owi/man)

Berita Terkait