ITS News

Sabtu, 20 Desember 2025
29 Agustus 2014, 21:08

Jadi Doktor Melalui Analisa Sloshing

Oleh : Dadang ITS | | Source : -
Pada sidang tersebut, hadir sebagai promotor adalah Prof Ir IKA Pria Utama MSc PhD. Sementara, co-promotor adalah Ir Petrus Eko Panunggal PhD dan Aries Sulisetyono ST MA Sc PhD. 
Disertasi ini bertujuan untuk mengamati dan menjelaskan pengaruh sloshing terhadap olah gerak kapal. Pengujian model fisik dilakukan di Maneuvering and Ocean Engineering Basin (MOB). Konfigurasi geometri model yang disimulasikan dan diuji adalah tipe FLNG dengan tangki berisi muatan kosong dan muatan 30 persen fluida tangki.
Ia menjelaskan,  sebagai negara yang kaya gas alam, Indonesia memerlukan infrastruktur pengolahan yang tepat. Salah satu infrastruktur tersebut adalah Floating Liquified Natural Gas (FLNG ). FLNG merupakan sebuah sistem  pengolahan dan pencairan gas alam langsung lepas pantai. "Teknologi ini merupakan prospek yang luar biasa untuk pemanfaatan gas terutama untuk associated gas dan stranded gas," jelasnya. 
Diakuinya, FLNG akan memperpendek proses pengolahan LNG. Hal ini dikarenakan, FLNG menggabungkan fasilitas eksplorasi, produksi, dan fasilitas pencairan gas alam menjadi satu. "Proses yang lebih pendek ini mengurangi investasi dalam pencairan gas alam," paparnya. 
Akan tetapi, fenomena sloshing akan menjadi kendala tersendiri bagi FLNG. Fenomena ini diakibatkan gaya eksternal berupa energi gelombang. Sehingga, gejala ini mempunyai pengaruh terhadap gerak FLNG. 
Ia menjelaskan,  melalui penelitian ini efek fenomena sloshing terhadap pengaruh gerakan kapal dapat diketahui dengan baik. Namun, pada sudut heading 90 derajat terdapat pola gerak pitch tidak jelas sehingga memerlukan kajian lebih lanjut. Selain itu, tekanan akibat gelombang pada sudut heading 90 derajat memberikan dampak tekanan yang lebih tinggi. "Oleh karena itu, gerakan kapal ditambah dengan sloshing tidak bervariasi secara linear terhadap amplitudo gelombang," ungkapnya.
Ia mengungkapkan, hasil penelitian ini diharapkan dapat mempermudah untuk mendapatkan prediksi awal dalam melakukan perhitungan terhadap olah gerak kapal. Penelitian ini  juga diharapkan dapat memperkaya dan memperkuat data base untuk tujuan saintifik dalam mempresentasikan pengaruh sloshing terhadap pergerakan kapal dan dinding tangki. "Penelitian ini dapat diaplikasikan secara langsung dalam perhitungan respon kapal yang digunakan untuk penentuan desain kapal," ujarnya dengan senyum sumringah.
Tak hanya itu, ia berharap setelah disertasi ini dipatenkan, mahasiswa lain dapat mengembangkan penelitian ini dengan variabel lain. "Dapat menunjang keilmuan pada perpustakaan atau sebagai bahan jurnal," pungkasnya.  (ila/ady)

Berita Terkait