ITS News

Jumat, 19 Desember 2025
24 November 2013, 20:11

Perlu Marketing Dakwa Agar Tidak Mengintimidasi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Marzuki Imron ST menjelaskan, dalam mendakwahkan Islam, para da’i perlu memiliki strategi. Setidaknya ada empat tahapan dalam bidang marketing yang bisa diadaptasi dalam berdakwah. ”Dimulai dari merencanakan, mendistribusikan, mempengaruhi, baru menjual,” ujar alumni Jurusan Teknik Mesin ITS ini.

Dengan perencanaan yang matang, diharapkan masyarakat dapat menerima ajakan untuk bertakwa kepada Allah. Imron melanjutkan, dalam berdakwah, para da’i perlu menyampaikannya dengan pembahasaan yang sesuai dengan kondisi masyarakat. Sederhana namun padat. Sehingga mereka justru tidak terintimadasi oleh kehadiran para da’i.

Imron lantas mengambil teori yang sering disampaikan Aa Gym, yakni 3A. ”Aku aman bagimu, aku menyenagkan bagimu, dan aku bermanfaat bagimu,” jelasnya.

Materi ini diakui peserta sangat bermanfaat. Hal ini diakui Muhammad Reza Rizky Pratama, peserta. Ia mengatakan, materi marketing dakwah ini singkat, padat, namun langsung membidik pusat kesadaran. ”Lebih mengerti bahwa dakwah tidak hanya ‘yang penting menyampaikan firman Allah dan sabda rasul-Nya,’ tetapi juga perlu memahami bagaimana menyampaikan kebenaran dengan cara yang benar,” ungkapnya.

PSI 2 ini merupakan program kaderisasi tahunan yang diselenggaraan oleh Jama’ah Masjid Manarul Ilmi (JMMI) ITS. Acara ini diselenggarakan di Jurusan Teknik Sipil dan Masjid Manarul Ilmi ITS. Panitia berharap, peserta yang mengikuti acara ini dapat menyampaikan nilai-nilai Islam dengan benar dan cara yang indah. ”Sehingga mereka menjadi kader dakwah yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat,” harap Nidaul Fitroh, kordinator panitia putri acara ini. (m10/nir)

Berita Terkait