ITS News

Minggu, 18 April 2021
17 Mei 2013, 20:05

Kaji Materi tentang Tema dalam Arsitektur

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Hadir sebagai pembicara dalam momen kuliah tamu tersebut adalah Gunawan Tjahyono, Dosen Jurusan Arsitektur Universitas Indonesia (UI). Dalam paparannya, Gunawan menegaskan bahwa tema adalah pijakan dasar dari penciptaan karya seni. ”Tema itu penting, karena temalah yang akan menentukan arah dari karya yang dirancang,” ujarnya.

Dikatakannya, tema sangat diperlukan. Alasannya, hal tersebut akan menentukan tahap dalam penyeleseian rancangan. Dia mengisyaratkan bahwa tema sebenarnya telah terkandung di dalam suatu format perancangan itu tadi. "Misalnya adalah format itu pasti mengikuti fungsi latar belakang bangunan tersebut ketika akan dibuat," lanjut pria berkacamata ini.

Ia mencontohkan perancangan yang bertema bebek. Secara fisik, bebek mempunyai dua kaki untuk menopang berat tubuhnya. Ternyata,entuk tersebut dapat diaplikasikan dalam sebuah perancangan bangunan. ”Jadi mungkin dalam perancangannya melibatkan air di bawahnya, punya dua penyangga utama untuk menopang rancangan itu,” jelasnya.

Lebih jauh, hakikat tema dalam perancangan adalah agar memudahkan komunikasi antara dari si pembuat rancangan dengan orang lain. Hal ini akan berakibat pada penilaian dan apresiasi yang diberikan.

Karena itu, tata olah tema menjadi lebih penting dibandingkan hasilnya. Alasannya, jika sebuah hasil tidak dapat dijelaskan maknanya, sangat mungkin ditenggarai sebagai upaya pencurian gagasan.

Diakui Gunawan bahwa ketertarikannya mendalami tema perancangan bermula ketika ia kembali lagi ke Indonesia. Dia melihat mahasiswa masih terlalu didekte untuk mengikuti kemauan dosen. Hal itu justru mengurangi kreativitas mahasiswa. Menurutnya, mahasiswa berhak mencari dan menentukan tema sendiri. ”Seharusnya, dosen bertindak sebagai pengoreksi dan pengarah terhadap tema tersebut,” ungkapnya.

Belajar dari pengalamannya memberikan materi, ia menceritakan bahwa mahasiswa cenderung belum terbiasa dengan tema. "Mereka masih belum mengangap tema itu menjadi hal patut ada dalam perancangannya," ujarnya.

Menangapi hal tersebut, Dimas Adi Pratama, salah satu peserta kuliah tamu mengatakan bahwa tema memang sangat diperlukan dalam memulai sebuah perancangan. Ia berpendapat jika tema adalah suatu konsep yang dibahasakan. "Sehingga dari tema itu timbul runtutan konsep ranah kerjanya seperti apa," ujar mahasiswa S2 Jurusan Arsitektur ini. (akh/ran)

Berita Terkait