ITS News

Sabtu, 12 Juni 2021
03 November 2012, 16:11

Bolo Eco Campus, Sahabat Lingkungan dari ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Komunitas ini merupakan gabungan dari empat organisasi mahasiswa pemerhati lingkungan dan lima BEM Fakultas di ITS. Keempat organisasi tersebut adalah Kementerian Sosmas BEM ITS, komunitas Pecuk, Pecinta Lingkungan Hidup (PLH) Siklus dan Kelompok Pecinta dan Pemerhati Lingkungan (KPPL) Jurusan Teknik Lingkungan. ”BEM Fakultas akan mengkoordinasi jurusan-jurusan di ITS,” ujar Yunus Zarkati Kurdiawan, anggota Bolo Eco Campus.

Yunus menyebutkan, Bolo Eco Campus ini merupakan motor penggerak mahasiswa di bidang lingkungan hidup. Kelompok ini berfungsi sebagai mediator antara mahasiswa dan birokrasi dalam menjalankan program-program Eco Campus. ”Rencananya, tiap bulan kami akan mengadakan kajian lingkungan bersama birokrasi ITS,” ujar Yunus.

Walaupun terbentuk dari organisasi mahasiswa, kelompok ini tidak membatasi peran mereka hanya dalam lingkup kampus. Yunus menjelaskan, tim Bolo Eco Campus juga akan mengambil peran dalam kegiatan-kegiatan penyelamatan lingkungan dalam skala lebih besar.

Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia ini juga bahkan mengaku bahwa Bolo Eco Campus siap menjadi contoh bagi universitas dan institusi lain di Indonesia. "Fokus kita tidak hanya seputar kampus tapi juga ke arah global," tuturnya menambahkan.

Selain memperkenalkan tim Bolo Eco Campus, pada G2.4 ini turut pula diluncurkan sebuah buku mengenai program Eco Campus di ITS. Buku tersebut berjudul Biodeversity ITS, Bunga Rampai dan Keanekaragaman Hayati di ITS ini berisi koleksi foto spesies burung dan vertebrata di ITS. (ram/esy)

Berita Terkait