ITS News

Rabu, 21 Oktober 2020
11 September 2012, 11:09

Mahasiswa Baru ITS Pecahkan Rekor MURI

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Setiap mahasiswa memang membawa dua buku untuk orientasi mahasiswa baru bertajuk Gerigi atau Generasi Integralistik 2012 di kampus ITS pada 7-9 September," kata Ketua Pelaksana Gerigi 2012 Himawan R Auditiardy, Ahad (9/9).

Dalam orientasi yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) ITS 2011-2012 itu, katanya, setiap mahasiswa baru membawa buku tulis yang dibungkus kertas cokelat.

"Mahasiswa baru ITS yang digabung dengan ITK itu berjumlah 4.500 orang sehingga apabila diakumulasi akan terkumpul 9.000 buku tulis kosong," katanya.

Dalam penyusunan buku yang memecahkan rekor Muri itu, mahasiswa diminta menyusun sesuai kode yang diberikan panitia. Lalu buku-buku itu ditumpuk di atas kain ‘vinyl’ berukuran 10 meter x 10 meter yang bergambar peta kampus ITS Sukolilo dan Manyar dengan skala 1:108.

"Tumpukan buku tersebut merupakan masa bangunan di ITS Surabaya. Setelah terbentuk bangunan maka akan diberi atap yang juga terbuat dari buku," katanya.

Apabila telah terbentuk bangunan yang lengkap, katanya, maba dapat menghias bagian atapnya dengan miniatur pohon yang mereka buat sendiri dari plastisin.

"Yang tidak kalah menariknya, setelah acara simulasi total atau simot itu, buku-buku tersebut disumbangkan kepada saudara kita yang lebih membutuhkan seperti saudara di panti asuhan, anak jalanan, dan sebagainya," katanya.

Karena itu, katanya, "Gerigi ITS 2012" bertema "Semangat Juang Sepuluh Nopember untuk ITS Satu dan Indonesia Maju" yang disimbolkan dalam maket raksasa itu.

"Jadi, Gerigi merupakan langkah untuk mewujudkan kebersamaan seluruh mahasiswa dengan menanamkan semangat kerja sama dan kontribusi bagi masyarakat sekitar," katanya.

Ia menjelaskan "Semangat Juang Sepuluh Nopember" berarti hendaknya mahasiswa mampu meneladani dan menerapkan semangat juang para pahlawan karena hakikatnya mahasiswa adalah pejuang bangsa.

"Motto ‘ITS Satu’ bermakna semangat dan harapan agar elemen sivitas ITS bersatu dan menjunjung semangat untuk menjadi yang nomor 1, dan ‘Indonesia Maju’ bermakna kontribusi yang diberikan sebagai dari keberhasilan persatuan seluruh elemen di ITS untuk negeri tercinta, Indonesia Raya," katanya.(Ant/TII)

Berita Terkait