ITS News

Senin, 23 Mei 2022
03 Agustus 2012, 08:08

Fotografi Berkualitas dengan Budget Terbatas

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Kamis (2/8), Gedung Rektorat ITS terlihat lebih ramai dikunjungi mahasiswa yang membawa kamera. Mereka rupanya tengah mengikuti seminar fotografi bertema Hasilkan Karya Fotografi Berkualitas dengan Peralatan dan Budget Terbatas. Kegiatan yang diprakarsai ITS Media tersebut mengupas berbagai tips dan teknik berkaitan fotografi secara cuma-cuma.

”Untuk menghasilkan foto bagus, kameranya tidak harus yang mahal,” komentar Widodo Hamdani, direktur dan owner dari beningphotography. Pria yang akrab disapa Doddy Bening tersebut mengungkapkan bahwa keahlian mengatur kameralah yang menjadi penentu bagus tidaknya foto yang dihasilkan.

Setidaknya, terdapat empat parameter yang dapat diatur pada kamera untuk menghasilkan foto yang bagus. Pertama yaitu diafragma (apperture/f number/bukaan) yang berfungsi mengatur terang gelapnya foto serta ruang tajam.

Doddy pun menampilkan ketajaman gambar dengan perbedaan pengaturan besar kecilnya diafragma. ”Semakin besar diafragmanya, lubang diafragma akan semakin sempit. Berarti gambar yang ingin diambil ruang tajamnya semakin luas,” jelas pria yang menekuni fotografi sejak tahun 2004 ini.

Parameter kedua berhubungan dengan kecepatan rana (shutter speed). Kecepatan rana merupakan lamanya bukaan tersebut terjadi. Bapak satu orang anak tersebut menerangkan, efek freeze dapat diperoleh dengan menyesuaikan shutter speed.

Bahasan berikutnya terkait ISO. ISO berfungsi untuk menangkap cahaya kuat dan lemah. ”ISO semakin tinggi, akan mudah untuk menangkap cahayanya,” terang Doddy penuh semangat.

Parameter terakhir berupa pengaturan pada panjang lokal (zoom camera). Yang perlu diwaspadai para fotografer, penggunaan lensa yang terlalu lebar akan menghasilkan gambar yang mengalami distorsi. ”Salah satu triknya agar tidak terjadi distorsi, harus lebih ditambah fokusnya,” terang Doddy.

Turut Mengajarkan Bisnis
Tak hanya fotografi, pengalaman seputar berbisnis pun turut diceritakan oleh laki-laki yang tergabung dalam Indonesia Islamic  Business Forum (IIBF) ini. Berbekal ilmu yang didapat dari bangku kuliah jurusan manajemen, Doddy pun turut menyampaikan trik-trik penjualan yang menarik perhatian konsumen. ”Desain dan pengaturan kata-kata yang baik dapat dapat menarik perhatian orang,” ungkapnya.

Doddy juga mengatakan bahwa untuk kelancaran berbisnis itu dimulai dari memberi kepada orang lain. Hal tersebut berdasarkan dari pengalaman yang telah berkali-kali ia rasakan. ”Dengan memberi akan banyak kemudahan apapun yang bisa kita dapatkan,” pesan Doddy. (sha/fi)

Berita Terkait