Dewasa ini dunia wirausaha terasa begitu sulit untuk dijalani. Takut akan rugi lebih dominan berada dipikiran setiap orang yang ingin memulai dunia bisnis tersebut. Namun bagi yang sungguh-sungguh berusaha akan mendapatkan keuntungan lebih terutama sebuah pengalaman berharga. Hal demikian yang mendasari kegiatan games marketing. Kegiatan ini merupakan agenda dari Departemen Kewirausahan Himpunan Mahasiswa Statistika ( KWU HIMASTA).
Game ini bermula dari penugasan bisnis plan beberapa hari sebelumnya. Bisnis plan tersebut merupakan proposal sebuah produk yang nantinya dapat direalisasikan. Terdapat 15 tim yang terlibat didalam permainan ini. Ketentuannya sangat ringan yaitu dengan modal maksimal 150.000 rupiah dan mampu menawarkan sedikitnya tiga jenis produk.
Antusias peserta sangatlah positif terlihat dari upaya mereka mempersiapkan semuanya. Mulai dari produk hingga tampilan stand dengan tema dan dresscode yang berbeda antar kelompok. Permainan warna yang variatif mebuat mata tak jenuh memandang hamparan stand. Melihat sasaran pembelinya adalah peserta lomba STATION, sebagian besar kelompok menjual produk kuliner.
Macamnya antara lain nasi bungkus, minuman segar dan aneka jajanan pasar atau hasil kreasi dari mereka sendiri. Steak Tempe adalah menu favorit yang cukup unik, mereka mengemas tempe menjadi sebuah makanan ringan berlumur saus layaknya steak daging kebanyakan.
Bebagai upaya mereka lakukan untuk menarik perhatian pembeli. Tak segan mereka mendatangi bahkan mengejar orang-orang yang lewat diarea tersebut. Alhasil, beberapa produk mereka habis tak tersisa.
Keseluruhan peserta mengaku senang mendapat pengalaman wirausaha. ”Menyenangkan dan puas, kita dapat belajar bagaimana menciptakan inovasi untuk menarik pelanggan,” ucap Joshua Bonasuhul yang merupakan salah satu peserta games marketing.
Tidak butuh waktu lama untuk menghabiskan dagangan mereka. Dan semangat mereka tetap terjaga hingga akhir acara. Sepanjang kegiatan itu berlangsung, tim penilai aktif mengawasi peserta. Kriteria penilaiannya berupa kekompakan, kreatifitas, variasi produk dan kebersihan. Pengumuman pemenang akan diumumkan satu minggu kedepan.
Kegiatan ini memiliki harapan mampu memberikan ide yang lebih inovatif. ”Saya sangat apresiasi sekali kepada seluruh peserta atas segala usaha mereka,” Ungkap Anindia Yuridiani yang merupakan penanggung jawab acara tersebut. (lik)
Jakarta, ITS News — Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menorehkan prestasi nasional dengan memborong empat penghargaan pada ajang Anugerah
Kampus ITS, ITS News — Sebagai bentuk dukungan terhadap riset energi bersih, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menerima kunjungan
Kampus ITS, ITS News — Perpustakaan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menegaskan perannya dalam memperkuat ekosistem riset kampus
Kampus ITS, ITS News – Ikatan Orang Tua Mahasiswa (Ikoma) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menunjukkan komitmennya dalam mendukung