ITS News

Sabtu, 20 Desember 2025
24 Mei 2011, 15:05

Cara Merangkum Praktis ala Mahasiswa ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

"Mindmap Schooling yang diajarkan kepada siswa adalah bagaimana metode merangkum, metode membuat catatan sekolah dan metode membuat puisi dengan teknik Mindmap" terang M Averos Ali, ketua pelaksana program ini. Ave menuturkan, untuk bentuk pengajarannya, dikemas dalam training ekstrakurikuler selama 3 kali pertemuan, yakni Sabtu (19/3), Sabtu (26/3) dan terakhir Sabtu (21/5)

Bersama dengan Mohammad Dhanar Such Rufi Fajri, Yuan Kharisma, Auliaur Rahman dan Siti Fariya, tim ini telah melakukan analisa terkait dengan metode belajar yang efektif. "Sebelumnya, kami telah melakukan analisa yang hasilnya Mindmap adalah metode belajar yang efektif," tutur Ave.

Mindmap memiliki 5 keunggulan utama dibandingkan dengan metode merangkum konvensional. "Mindmap dapat meningkatkan daya ingat, mempercepat pemahaman, menghemat waktu, melejitkan kreatifitas dan mempermudah pengorganisasian materi, serta mengajarkan 9 softskill kepada siswa," jelas mahasiswa Teknik Kimia ini.

Kurikulum yang disusun oleh tim ini terdiri dari 5 program yang variatif, yakni Mindmap training, Mindmap outbond, Mindmap Competition dan Mindmap Inaguration day. Pada pertemuan terakhir dari serangkaian training yang mereka berikan, diadakan kegiatan Launching Duta Mindmap Schooling Indonesia, dimana ke 40 siswa yang mereka didik diberi kewajiban untuk mengajarkan tentang mindmap kepada 5 siswa lain yang berbeda. “Jika program ini berhasil, maka ada dua ratus siswa Indonesia yang telah kita didik untuk paham Mindmap” terang Dhanar selaku konseptor dari kurikulim Mindmap Schooling.

Nunuk, wali kelas 5 SDN Pogar II Bangil mengapresiasi baik program mindmap ini. “Mindmap memiliki potensi untuk diterapkan dalam penugasan merangkum yang saya berikan, harapannya siswa saya menjadi lebih paham dan senang dalam merangkum dengan mindmap di banding sebelumnya," kata Nunuk.

Selain itu, Siswa SD juga senang ketika merangkum menggunakan mindmap. ”Merangkum dengan mindmap lebih mudah dan menyenangkan, ada gambar dan warnanya,”  ungkap Haidar, siswa kelas 5 SDN Pogar II yang menyabet juara I Mindmap Competition.(ton/yud)

Berita Terkait