ITS News

Sabtu, 10 Desember 2022
24 Mei 2010, 02:05

Duo ITS Melaju ke Final KRI 2010

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Semifinal yang meloloskan empat tim ini dimulai dengan pertandingan antara PENS melawan o3stad_11k dari Stikom Surabaya. Pertandingan ini berlangsung tidak seimbang. Sejak awal PENS yang diwakili oleh robot Mio-rEi langsung menggebrak dengan meletakan balok-balok pada ketiga lapisan piramid khufu dan menyempurnakannya dengan penempatan top golden block di pucuk piramid saat waktu masih tersisa 24 detik. Sedangkan o3stad hanya mampu menyelesaikan lapisan pertama dari piramid khufuu.

Pada piramid kedua, kedua tim sama-sama kesulitan untuk menyelesaikan piramid khafraa. PENS yang sebelumnya mampu menyempurnakan piramid khafraa pada pertandingan perempat final, mendadak mengalami kerusakan sehingga hanya mampu meletakan dengan sempurna dua lapisan balok. Sedangkan Stikom hanya mampu meletakan satu balok di piramid kedua ini.

Pertarungan seru terjadi saat pembangunan piramid terakhir yaitu mankaura. Awalnya PENS mampu meletakan satu balok pada badan mankaura, dan meletakan top golden block. Namun karena terjadi kesalahan, posisi top golden block tidak sempurna sehingga o3stad mampu menyusul ketertinggalan. Pada penyelesaian top golden block inilah terjadi pertarungan seru. Kedua robot saling bertindihan untuk meletakkan top golden block. Sayangnya, Stikom yang mampu menggeser limas dari Mio-rEi, juga belum mampu meletakkan limasnya untuk menyempurnakan top golden block. Dengan hasil ini, PENS mengungguli Stikom dengan poin 44-15.

Di pertandingan selanjutnya, ITS melawan satu-satunya tim dari kota Malang, yaitu Ken Arok. Pada pembangunan piramid pertama, F4kubo tertinggal dari Ken Arok. Ken Arok yang mampu membawa tiga balok sekaligus mampu menyusun lapisan pertama dengan cepat, berbeda dengan F4kubo yang maksimal hanya mampu membawa dua balok. Namun perlahan tapi pasti, F4kubo mampu meletakan dua lapisan dengan sempurna.

Di penyusunan piramid kedua, F4kubo menunjukkan taringnya dengan menyusun sempurna piramid kafraa dengan top golden block. ITS sukses menyelesaikan piramid ini dengan sisa waktu 19 menit. Karena top golden block piramid khafraa tersusun dengan sempurna, tim robot ITS mendapat limpahan poin.

Pada penyusunan piramid ketiga, F4kubo mampu meletakan satu balok pada badan khufu dengan cepat. Namun F4kubo tidak mempunyai kemampuan untuk meletakan top golden block dari Mankaura. Sehingga dengan hal tersebut, piramid mankaura tidak mampu disusun sempurna. Namun hasil ini cukup untuk membuat ITS melaju ke final dengan skor 44-15.

Dengan hasil ini, final akan mempertemukan dua saudara kandung yaitu ITS dan PENS. Sedangkan perebutan peringkat ketiga akan berlangsung antara Stikom Surabaya dengan Politeknik Negeri Malang. Kemudian tiga besar juara dalam seleksi regional ini akan bertanding di level nasional KRI 2010.(kl/bah)

Berita Terkait