ITS News

Minggu, 28 April 2024
16 Desember 2009, 22:12

Senta Hadirkan Inovasi Teknologi Kelautan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Acara tepat dibuka pada pukul sepuluh pagi oleh Dekan FTK, Prof Ir Djauhar Manfaat MSc PhD. Setelah pemotongan pita Djauhar beserta undangan berkeliling meninjau stand yang ada di pameran. ”Sangat menguntungkan bagi semua pihak, dapat bertemu dan berbagi pengetahuan. Semoga terjalin kolaborasi lebih lanjut demi majunya bahari Indonesia,” ujar Djauhar.

Terhitung sebanyak 22 stand mengikuti pameran SENTA 2009. Beragam produk, jasa dan inovasi teknologi kelautan ditampilkan. Salah satunya adalah stand Balai Riset dan Observasi Kelautan (BROK) yang berada dibawah Departemen Perikanan dan Kelautan. Dalam pameran ini BROK memamerkan kegiatan yang selama ini mereka lakukan.

“Dalam bidang marine conservation kita melakukan beberapa kegiatan, misalnya perlindungn pantai, turtle satellite tagging, mangrove field station dan water quality laboratory,” terang Dessy Berlianty, salah satu peneliti dari BROK.Tidak hanya itu, Dessy juga mengajak para pengunjung pameran untuk bergabung dengan BROK. ”Semakin banyak peneliti yang tertarik dengan teknologi kelautan, jadi kita ingin masyarakat umum mengetahui adanya BROK,“ terang Dessy.

Lain lagi dengan stan PT Indopipe, dalam kesempatan ini PT Indopipe memamerkan salah satu inovasi teknologi kelautan yaitu bouy multi purpose yang dinamakan floaton. ”Bouy ini memiliki multi fungsi yaitu dapat digunakan untuk pemecah ombak, keramba jaring apung dan penambatan kapal,” terang Hery Supriadi Direktur PT Indopipe.

Lebih lanjutnya lagi Hery menerangkan keunggulan produk yang berbahan dasar polyethelene ini. Misalnya saja ramah lingkungan, tidak mengalami korosi dan tahan lama. ”Akademisi, khususnya orang teknik seperti ITS ini harus mengetahui bahwa ada produk berbahan dasar plastik yang ramah lingkungan supaya dapat dimanfaatkan secara maksimal,“ ujar Hery yang juga alumni Teknik Sipil ITS ini.

Laboratorium-laboratorium dan Organisasi mahasiswa yang ada Fakultas Teknologi Kelautan turut pula mendirikan stan pada pameran SENTA 2009 ini. ”Selainkan mengenalkan Himpunan mahasiswa kelautan kepada masyarakat luas, acara ini dapat menjadi ajang kerjasama antar industri dan akademisi agar ilmu yang dipelajari mahasiswa tidak hanya mentok di kampus saja,” ujar Arief Marsetyo Putra Ketua Himpunan Mahasiswa Teknik Kelautan ITS.

Ditemui disela acara ketua panitia SENTA 2009, Suntoyo ST Meng PhD mengatakan bahwa tujuannya diadakan SENTA 2009 salah satunya sebagai wahana saling tukar menukar informasi, pengalaman dan pemikiran serta memperkuat jaringan antar lembaga, institusi dan pemerintahan dalam bidang teknologi kelautan.

”Senta tahun ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dimeriahkan oleh pameran dan dari 92 paper yang terkumpul di panitia, lima puluh persennya berasal dari kalangan di luar ITS,“ terang suntoyo. Rangkaian acara SENTA akan dilanjutkan dengan Seminar yang akan digelar Kamis (17/12) besok. Seminar SENTA kali ini menghadirkan tiga keynote speaker salah satunya adalah Kepala Staff TNI angkatan Laut, Laksamana Madya Agus Suhartono SE. (az/fn)

Berita Terkait