ITS News

Sabtu, 18 Mei 2024
27 Oktober 2009, 16:10

Technopreneurship, Belajar Dari Ahlinya

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Untuk sukses dalam memulai suatu usaha diperlukan manajeman pemasaran yang bagus dan efektif. Pemasaran sendiri berarti suatu proses untuk menarik konsumen dan klien potensial ke produk atau jasa yang akan ditawarkan. “Tidak lupa pula melakukan metode TSP yaitu segmentasi, target, dan penempatan,“ jelas Bagus Krisna Mukti, pembicara dalam kuliah tamu yang dihelat pada Senin (26/10) ini.

Segmentasi berguna dalam membantu melihat pasar melalui klasifikasi konsumen. Sementara  target berfungsi untuk membantu memilih fokus segmen pasar yang dibidik dan penempatan dilakukan agar memberikan perbedaan citra produk yang ditawarkan dengan produk yang sudah ada. Menurut Bagus, segmen pasar yang baik haruslah terukur, dapat diakses, subtansial, unik dan stabil.

“Penempatan itu adalah bagaimana kita berkompetensi dalam melawan pesaing,” jelas Bagus yang merupakan  alumni Teknik Perkapalan ITS angkatan 1985. Kunci keberhasilan dalam penempatan adalah tegas, konsisten, menjaga amanah dan dapat mempunyai nilai lebih secara signifikan pada produk yang ditawarkan.

Kemudian Bagus menceritakan pengalamannya yang telah malang–melintang di industri maritim Indonesia. “Lulusan FTK itu selain dapat merancang kapal juga harus capable memasarkan kapal yang dirancangnya,“ ungkap Bagus yang saat ini menduduki jabatan sebagai Presiden Direktur PT. Humpuss  Intermoda Transportasi tbk.

Ditemui di tengah acara Drs M Zainul Asrori M.Sc, Ketua Bidang Evaluasi dan Monitoring Technopreneurship  mengatakan bahwa tujuan diadakannya kuliah tamu  supaya para mahasiswa dapat belajar langsung dari pengalaman berharga dari para senior. “Belajar dari yang ahli. Diharapkan ilmu yang diserap mahasiswa sesuai dengan perkembangan dunia industri saat ini,“ ujar Zainul. Rencananya pada setiap semester untuk mata kuliah technopreneurship ini akan diadakan kuliah tamu sebanyak tiga kali.(Az/bah)

Berita Terkait