ITS News

Sabtu, 25 Mei 2024
20 April 2009, 06:04

Ada Peluang Besar Jual Energi

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Salah satu dosen tersebut adalah Ridho Tamtoro ST MT. Dosen Teknik Fisika ini memberi beberapa data yang membuka mata mahasiswa bila usaha di bidang energi ini memang tengah dibutuhkan. “Ada beberapa daerah di Indonesia yang sampai saat ini belum mendapat listrik,” jelas Ridho yang mengungkapkan bila inilah peluang dari technopreneur di bidang energi.

Beberapa daerah yang Ridho maksud adalah wilayah Indonesia seperti Papua, NTB, NTT, dan pulau-pulau terluar di Indonesia. Ia mengatakan perusahaan listrik negara akan sulit memasuki beberapa daerah tersebut karena tingkat keuntungan yang kecil. “Namun, di sana sangat membutuhkan listrik,” jelas Ridho yang menambahkan  bila peluang tersebut bisa dimanfaatkan dengan membuat beberapa pembangkit energi dari angin.

Selain itu, Ridho pun mengungkapkan pengalamannya saat melakukan proyek pengembangan energi terbarukan di daerah Mojosari, Jawa Timur dengan menggunakan mikro hidro. Mikro hidro merupakan  pembangkit listrik yang menggunakan turbin air sebagai pengubah potensial air menjadi energi pemutar torsi pada generator. Proyek tersebut akhirnya mampu membuat satu keuntungan bagi masyarakat desa di sana. “Desa tersebut mampu mandiri secara energi bahkan mampu menjual listrik pada PLN,” jelasnya.

Selain itu, adapula beberapa pilihan usaha dibidang energi alternatif seperti biogas, biofuel, dan pembangkit listrik tenaga arus dan angin. Dari beberapa bidang ini Ridho menjelaskan bahwa sampai saat ini belum ada satu jurusan di ITS yang mampu menggarap semua pengembangan energi alternatif ini. “Tak ada yang bisa, perlu kerjasama banyak bidang ilmu,” jelas Ridho yang mengaku pengembangan energi saat ini terlihat begitu mahal pada awalnya, namun saat energi fosil mulai menipis inilah alternatifnya. (yud/mtb)

Berita Terkait