ITS News

Jumat, 24 Mei 2024
19 April 2009, 12:04

Tour Bike Surabaya, Awali Kegiatan PIMITS 12

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pekan Ilmiah Mahasiswa ITS (PIMITS) 12 akan segera bergulir minggu ini, sebagai acara pembukaan pihak Panitia menyelenggarakan Tour Bike Surabaya. Kegiatan yang dimulai pukul 06.00 WIB ini diikuti ratusan pesepeda yang berasal dari berbagai kalangan. "Peserta tour bike ini kita buka untuk umum, selain dari para kalangan komunitas sepeda, teman-teman mahasiswa ITS dan universitas lainnya juga banyak yang ikut," ucap Aris Sofan Lutfianto Presiden Bem ITS.

Aris juga mengungkapkan Tour Bike Surabaya ini selain untuk membuka rangkaian kegiatan PIMITS 12, juga mengingatkan masyarakat untuk selalu menciptakan lingkungan sehat. "Dengan bersepeda setidaknya teman-teman (peserta,red) telah mengurangi beban polusi di udara Surabaya," terang Aris. Selain itu Aris menambahkan pemilihan Taman Flora sebagai garis start dari Tour Bike Surabaya adalah untuk melakukan penyelamatan terhadap ruang terbuka hijau Surabaya yang dalam beberapa tahun belakangan ini semakin berkurang.

Rute dari Tour Bike Surabaya sendiri adalah start awal dari Taman Flora, kemudian melakukan perjalanan dengan bersepada menuju pit stop di Metropolish Trenggilis yang kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menuju ke gedung Graha ITS. Di garis finish panitia pun sudah menyediakan panggung hiburan dan tempat istrihat bagi para bikers ini. Seperti yang diutarakan Menristek BEM ITS Wanda Angga Winata ketika ditemui oleh ITS Online ditengah-tengah peserta Tour Bike Surabaya.

Wanda mengungkapkan kegiatan Tour Bike ini tidak hanya berakhir dengan sampainya para bikers di garis finish. "Kita masih memiliki berbagai kegiatan lainnya antara lain pembukaan secara resmi dari seluruh rangkaian kegiatan PIMITS oleh Bapak Wakil WaliKota Surabaya Arif Affandi," terang mahasiswa jurusan Teknik Sistem Perkapalan ini. Wakil Walikota juga secara simbolis melaunching ITS Bike to Campus, Angga menambahkan.

Diagendakan Arif Affandi juga akan menandatangani petisi untuk mendukung penyelamatan terhadap ruang terbuka hijau Surabaya, Lanjut Angga. "Kesemua rangkaian kegiatan ini tentunya menjadi awal yang baik untuk kegiatan PIMITS yang akan berlangsung seminggu kedepan." ujar mahasiswa angkatan 2005 ini. Angga menerangkan pada akhir kegiatan Bike Tour Surabaya, para peserta yang beruntung akan mendapatkan beberapa doorprize berupa sepeda, hp, voucher menginap di Metropolish dan masih banyak lainnya.

Bike Tour mendapatkan antusias yang cukup baik dari penggemar sepeda Surabaya, seperti yang disampaikan oleh Agus yang mengaku tiap akhir pekan selalu bersepeda bersama temannya sekantor. "Walaupun tidak tiap hari kami bersepeda tapi kita juga berkeinginan untuk mewujudkan langit biru dengan besepeda," terang Agus yang juga karyawan salah satu BUMN ini.

Lain lagi seperti yang disampaikan Habibi yang juga anggota komunitas Bike to Campus dari Univesitas Negeri Surabaya (UNESA), Habibi sangat berantusias mendukung gerakan ITS Bike to Campus. "Dengan bersepeda selain kita juga berolahraga, kita sudah memberikan sumbangsih berupa pengurangan pencemaran udara," terang mahasiswa yang juga Ketua UKM Sepeda di UNESA ini. (fn)

Berita Terkait