ITS News

Jumat, 24 Mei 2024
23 Februari 2009, 09:02

Gandeng Alumni, Galang Dana Rp 3,4 M

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Para teknokrat alumni ITS benar-benar menunjukkan sumbangsihnya pada kampus tercinta. Hal ini diwujudkan dengan penggalangan dana abadi yang baru pertama kalinya digelar. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor ITS, Menkominfo, Ketua Pengurus Pusat IKA ITS, dan para petinggi perusahaan.

Pengalangan yang digagas oleh IKA ITS ini berlangsung di Hotel Hyatt, Jakarta. Tak kurang dari Rp 3,4 M terkumpul dari acara ini. Padahal, alumni yang diundang hanya 40 orang. “Kami memang mengundang alumni yang potensial,” ungkap Ir Eko Budi Djatmiko MSc PhD, Pembantu Rektor IV ITS.

Menurut Eko, ITS sudah lama mengharap alumni dapat memanage dana abadi. Di kepemimpinan rektor kali ini, penggalangan dana seperti ini akan lebih diintensifkan. Hal ini mengingat dana abadi digunakan untuk selama-lamanya. “Dana tersebut tak boleh habis untuk meng-generate dana yang lain,” sambung Eko.

Menurut Eko, dana abadi tersebut diupayakan untuk diinvestasikan. Target penggunaan dana ini meliputi beasiswa, pengembangan fasilitas dan sebagainya. Target-target tersebut disesuaikan dengan prioritas kebutuhan ITS. Jika dilihat dari segi finansial, dana pemerintah saja tidak mencukupi. “Penggalangan dana seperti ini harus dilakukan karena ke depannya perguruan tinggi harus lebih mandiri,” papar Eko.

Penggalangan dana abadi sendiri rencananya akan disebarluaskan sehingga tak hanya IKA ITS di Jakarta saja yang bisa berkontribusi. Selain itu, rencananya para dosen alumni ITS juga diminta berkontribusi. ITS juga akan memprogamkan bertemu dengan dewan penyantun dan perusahaan. Tidak menutup kemungkinan ITS juga mengundang pihak-pihak luar, seperti institusi dari luar negeri untuk penggalangan dana abadi selanjutnya. (nrf/mtb)

Berita Terkait