ITS News

Rabu, 22 Mei 2024
16 Februari 2009, 11:02

OW4: Peserta Debatkan Format Esai

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Vinandika mempresentasikan esainya mengenai limbah ikan yang dapat dimanfaatkan menjadi minyak tanah, Jumat (13/2). Pelajar dari SMAN 1 Jember ini mampu mempresentasikan karyanya dengan baik. Usai ia maju pun masih ada beberapa peserta lain yang menanyakan karyanya lebih lanjut. Tak jarang juga peserta lain ikut memujinya.

Selain Vinandika, masih ada tiga siswa SMA lain yang mempresentasikan karyanya di depan para juri dan peserta. Ketiga siswa tersebut adalah Fajrun WM dari SMAN 3 Pamekasan, Melisa Sudiashri dari SMAN 1 Glagah Banyuwangi, dan Naila Fauziah AM dari SMAN 2 Tuban.

Keempat finalis tersebut merupakan nominasi pemenang lomba esai OW 4 se-Jawa yang bertema Pengembangan Potensi Energi Terbarukan di Indonesia. Ketika mempresentasikan karyanya, keempat finalis tersebut rata-rata mempunyai persamaan yakni menggunakan format karya tulis seperti pendahuluan, isi dan penutup. Hal inilah yang memicu perdebatan di antara sesama peserta dan juga juri.

Bahkan, salah satu peserta mendebatkan arti esai menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ia pun berpendapat bahwa format karya tulis tak dapat dimasukkan ke dalam esai. Beberapa peserta lain pun ikut mendukung pernyataan kawannya.

I Made Ariana ST MT Dr MarSc, salah satu juri menjawab pertanyaan peserta tersebut. Ia pun menjelaskan bahwa esai adalah karya tulis populer. Didalam sebuah esai yang ditekankan adalah ide-ide yang dimunculkan. Setelah itu, baru dihubungkan dengan metode-metode yang ada dan juga literatur.

Selain memberi penjelasan, Made juga memberi tips untuk peserta. ”Coba cari metode-metode tentang energi terbarukan,” ujarnya memberi saran. Ia pun memberi langkah-langkah dalam mengerjakan esai dalam OW4.

Menurut Made, langkah pertama dalam menulis esai OW4 adalah mengkaji potensi di Indonesia dengan energi yang menjadi ide kita. Setelah itu, peserta disarankan untuk memilih metode dan mengkawinkan metode dengan potensi yang ada. Made juga menyarankan peserta untuk memakai referensi. Tak lupa, peserta juga harus membuat presentasi yang menarik. Cara membuat presentasi yang menarik adalah dengan menjaga style diri sendiri dalam presentasi, bukan memaksakan jadi orang lain. ”Jadi ketika menyampaikan, presentasi kita lebih hidup,” imbuh Made.

Sementara itu, lomba esai OW4 ini diikuti oleh 94 peserta dari seluruh Jawa. Namun, peserta yang mengikuti OW4 yang berlokasi di Pantai Sendang Biru dan pesisir Pulau Sempu sebanyak 71 peserta. Sedang Juara I diraih oleh Vinandika dan Juara II diraih oleh Fajrun. (nrf/mtb)

Berita Terkait