ITS News

Minggu, 19 Mei 2024
16 Januari 2009, 10:01

Beasiswa Khusus Mahasiswa Madura Diberikan

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebenarnya, beasiswa ini merupakan beasiswa unggulan dari Diknas. Hanya saja, dipisah secara khusus untuk mahasiswa asal Madura. "Ini idenya Pak Noer, lalu saya sampaikan ke Diknas,” ujarnya. Melalui  berbagai pertimbangan, akhirnya beasiswa ini disetujui dan menjadi beasiswa rutin bagi ITS ke depan.
 
Probo menyatakan, salah satu aspek pertimbangan pemberian beasiswa ini adalah antisipasi dari dampak pembangunan jembatan Suramadu ke depan. Hal serupa juga diamini dewan pembina ITS yang juga sesepuh masyarakat Madura HM Noer.

Noer mengharapkan dengan beasiswa ini, mahasiswa asal Madura segera dapat menyelesaikan kuliahnya dan kembali ke Madura. ”Jangan bekerja disini. Pulang ke Madura membangun daerahnya,” terangnya. Apalagi, jika nanti akses penghubung Jawa-Madura, jembatan Suramadu selesai dibangun. Noer tidak ingin ada kesenjangan antara Jawa dengan Madura.

”Saya juga punya angan-angan untuk meberikan beasiswa bagi mahasiswa program D3,” imbuhnya. Tujuannya, agar para mahasiswa ini dapat cepat bekerja. "Kalau jenjang diploma lebih cepat lulus dan diharapkan lebih cepat bekerja," tutur koordinator beasiswa unggulan Prof Dr Syasir Akhlus Msc.

Noer juga berpesan agar mahasiswa penerima beasiswa ini dapat memanfaatkan sebaik-baiknya bantuan ini. Apalagi, beasiswa ini mencakup keseluruhan biaya pendidikan. Mulai SPP, hingga biaya hidup juga ditanggung penuh. ”Beasiswa ini selama 4 tahun, tapi hanya masa efektifnya yang dihitung sehingga hanya menerima 36 bulan,”jelas Akhlus. Tiap mahasiswa akan mendapatkan beasiswa biaya hidup sebesar Rp 800 ribu per bulan. (humas/fay)

Berita Terkait