ITS News

Minggu, 28 April 2024
04 Desember 2008, 16:12

ITS Masuk Jajaran PT dengan Akreditasi Terbaik

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Dari 55 perguruan tinggi yang telah diakreditasi tersebut, ITS masuk jajaran lima perguruan tinggi yang memperoleh nilai akreditasi A dari BAN PT. Empat peraih nilai terbaik lainnya adalah perguruan tinggi favorit di wilayah barat, yakni Universitas Inbdonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Gajah Mada (UGM).

Hasil akreditasi sendiri, sebagaimana yang dilansir harian Kompas, berdasarkan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, merupakan syarat suatu perguruan tinggi untuk bisa meluluskan mahasiswanya. Sekretaris eksekutif BAN Adil Basuki Ahza, bahkan mengungkapkan bahwa hanya perguruan tinggi yang minimal terakreditasi B yang bisa meluluskan mahasiswanya.

Rektor ITS Prof Ir Priyo Suprobo mengaku surprise atas hasil akreditasi yang dikeluarkan BAN tahun ini. Dengan masuknya ITS dalam jajaran PT berakreditasi terbaik di Indonesia, Probo mengakui bahwa ini adalah tantangan sivitas untuk mempertahankan dan menjadikannya lebih baik lagi. "Akreditasi ini merupakan hasil kerja keras kita semua," tutur Probo saat dimintai konfirmasi tentang hasil yang telah dirilis oleh BAN tersebut.

Dengan raihan tersebut, lanjut Probo, sudah selayaknya seluruh sivitas ITS tertantang untuk meningkatkannya. "Ini merupakan hasil dari penjaminan mutu eksternal yang dilakukan BAN," jelasnya. Probo juga menambahkan, hasil visitasi ini tak main-main sebab mulai dari dosen dan mahasiswa ditanyai oleh asesor.

Menyinggung tentang peringkat perguruan tinggi dalam level dunia, Probo mengaku terkejut dengan tidak tercantumnya beberapa perguruan tinggi yang berstatus world class university dalam daftar perolehan akreditasi A.

"Dari hasil ini, sekarang biar masyarakat sendiri yang menilai," tegas Probo. Lebih lanjut, Probo berharap lima PTN ini kedepanya bisa menjadi prioritas pemerintah dalam hal riset.(yud/f@y)

Berita Terkait