ITS News

Sabtu, 18 Mei 2024
20 November 2008, 12:11

UKM Pramuka, Berbagi Sesama Lewat Donor Darah

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Masih dalam rangka peringatan ulang tahun ke-25 UKM Pramuka ITS, serangkaian acara telah diagendakan. Beberapa agenda kegiatan telah selesai dilaksanakan beberapa waktu lalu yaitu, Temu Alumni dan Treasure Kids. Hari ini, giliran kegiatan donor darah yang dilaksanakan.

Selain sebagai wujud bakti kepada masyarakat, donor darah yang merupakan agenda rutin dari UKM Pramuka ini dilaksanakan untuk membantu memenuhi supply darah di PMI Surabaya. “Sering kita lihat berita di televisi bahwa PMI Surabaya sering mengalami kekurangan pasokan. Oleh karena itu kita harapkan dengan adanya bantuan supply darah dari kegiatan donor darah ini masalah tersebut tidak lagi terjadi,” ujar Fitri, koordinator lustrum.

Mengenai pemilihan lokasi kegiatan, sepertinya kantin pusat merupakan tempat yang sangat sesuai. Karena di lokasi inilah setiap hari selalu ramai dikunjungi oleh mahasiswa dari berbagai jurusan. Untuk itu diharapkan dapat meningkatkan jumlah pendonor. ”Pada donor darah terakhir yang diadakan tiga bulan lalu, sempat terjadi penurunan jumlah pendonor. Dari sebelumnya yang bisa mencapai lebih dari seratus orang menurun menjadi tujuh puluh orang saja. Karenanya diharapkan kali ini jumlah pendonor bisa kembali meningkat,” ungkap Fitri.

Panitia menjelaskan bahwa dengan diadakannya acara donor darah ini bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian mahasiswa ITS terhadap sesamanya. ”Melalui kegiatan donor darah ini kami harapkan mahasiswa ITS lebih peduli terhadap masyarakat, melihat kondisi masih banyaknya masyarakat yang kesulitan untuk mendapat bantuan darah,” tambah Fitri.

Disisi lain para pendonor juga merasa terbantu dengan diadakannya kegiatan ini. Karena menurut mereka dengan adanya kegiatan ini di kampus maka mereka terfasilitasi untuk mendonorkan darahnya. ”Dengan adanya donor darah di kampus ini, saya merasa terfasilitasi untuk mendonorkan darah,” ungkap Pras, salah seorang pendonor. (m6/han)

Berita Terkait