ITS News

Minggu, 19 Mei 2024
13 November 2008, 10:11

Sri Amiranti: Karena Saya Mencintai ITS

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Ir Sri Amiranti MS atau yang akrab dipanggil Ami. Mungkin belum banyak orang yang tahu tentang sosoknya sebagai pencipta syair Hymne ITS. Tapi di kalangan mahasiswanya di jurusan Arsitektur ITS, ia dikenal sebagai sosok yang murah senyum dan ramah.

Menurutnya, pembuatan hymne itu sendiri berawal dari ide rektor pada saat itu, Ir Harjono Sigit BS. “Pak Haryono yang memprakarsai. Lalu beliau menyerahkan tugas itu pada Kajur Arsitektur saat itu, Alm Ir Setiadi. Barulah Pak Setiadi menyerahkannya pada saya dan El Pohan, seorang komponis terkenal yang mengaransemen hymne tersebut,” jelas Ami.

Ami mengungkapkan, ide lirik hymne tersebut didapat dari latar belakang ITS sebagai PTN yang berbasis teknologi dan peristiwa kepahlawanan sepuluh nopember. “Selain itu saya mendapat ide dari apa yang saya rasakan selama menjadi mahasiswa arsitektur ITS, yaitu penghargaan dan kecintaan saya akan almamater ini,” ujar ibu dari Tesa Eranti Putri ini.

Ami yang hobi mendengarkan musik dan mengarang puisi itu pun menyatakan butuh waktu setengah tahun untuk pengerjaan hymne tersebut. “Prosesnya, setelah selesai saya ciptakan syair tersebut dikirim ke Jakarta untuk diaransemen oleh El Pohan. Baru kemudian saya olah lagi untuk penyesuaian,” cerita pemilik moto Pengalaman adalah Guru yang Paling Baik ini.

Ami menciptakan Hymne ITS pada tahun 1984. Meskipun sudah hampir 24 tahun tercipta, hymne tersebut masih saja membuat wanita kelahiran Tulungagung itu terharu tiap kali mendengarnya. “Saya tidak tahu kenapa saya selalu terharu setiap kali mendengar hymne ITS. Mungkin karena saya mencintai ITS. Bagi saya, ITS adalah almamater yang harus dihargai dan dicintai semua warganya, juga alumninya,” kata dosen yang telah mengajar di ITS sejak 1979 ini.

Saat ini, kegiatan wanita penyuka warna coklat dan hitam ini adalah mengajar Mata Kuliah Psikologi Lingkungan Arsitektur dan Kota untuk program S2 arsitektur. Ia juga menjabat sebagai Kepala Laboratorium Perancangan Kota.

Istri dari Erwin Sudarma ini tercatat pula pernah menerbitkan sebuah buku kumpulan puisi bersama teman-teman sesama penyair Surabaya yang berjudul Antologi Puisi 70 Penyair Surabaya.

Harapannya, pada Dies Natalis ke-48 ITS ini hymne ITS akan selalu bisa menggugah semangat kebersamaan para warganya dan mendorong mereka untuk maju bersama. “Semoga saja ITS bisa menjaga dan meningkatkan kualitasnya sebagai sebuah institusi yang dicintai banyak orang,” ujarnya tersenyum. (m5/mtb)

Berita Terkait