ITS News

Minggu, 19 Mei 2024
11 November 2008, 23:11

ITS Segera Bentuk Fakultas Baru

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sebelumnya Probo juga mengungkapkan bahwa ITS juga akan membentuk Fakultas yang menaungi ilmu-ilmu kebumian. Berdirinya fakultas baru ini menjadi harapan tersendiri bagi masyarakat Indonesia. “Harapannya ITS bisa menjadi pelopor di kawasan Indonesia bagian timur,” tutur Guru Besar Teknik Sipil ini.

Menurutnya, sektor industri kreatif ini menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan bagi kemajuan dan kemandirian bangsa Indonesia. Hal tersebut menjadi fokus ITS sebagai lembaga keilmuan disamping ketiga fokus utama yaitu bidang kelautan, permukiman dan lingkungan, serta yang terakhir bidang energi “Bahkan potensinya (industri kreatif, Red) jauh melebihi potensi bisnis pengangkutan atau transporatsi, gas, air bersih, atau yang lainnya,” ungkap Probo.

Dalam ketiga fokus utama tersebut, ITS telah berusaha untuk memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia. Sebagai contoh bidang permukiman, ITS telah berinovasi menciptakan perumahan rakyat untuk rakyat kurang mampu. “Bahkan, ketika Tsunami di Aceh, ITS berperan aktif dalam pembangunan di daerah bencana terparah (Calang, Red),” tuturnya.

Probo juga menyebutkan bahwa ITS resmi menerapkan kurikulum yang mengandung semangat technopreunership. Hal itu diterapkan untuk mencetak lulusan ITS yang berjiwa enterpreunership. Ia mengakui bahwa bangsa Indonesia khususnya dalam hal ini lulusan ITS belum bisa bersaing karena belum memiliki jiwa enterpreunership. “Enterpreuner Indonesia baru 0,16% dari jumlah rakyat Indonesia, sedangkan Singapura sudah 7%,” pungkasnya. (bah/mtb)

Berita Terkait