ITS News

Minggu, 19 Mei 2024
27 Oktober 2008, 06:10

Gandeng KPU Jatim, BEM ITS Gelar Sosialisasi Anti Golput

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pengumpulan tanda tangan sebagai dukungan anti golput, longmarch pembagian stiker, poster, dan pamflet mewarnai acara bertajuk Road To Final Pilkada ini. Tak hanya itu, hiburan musik Sanggar Alang-Alang Surabaya dan pembagian doorprize berupa paket sembako, sterika, kipas angin dan kaos pun turut memeriahkan kampanye anti golput tersebut.

Di bantu oleh para mahasiswa, para petinggi KPU Jatim ikut turun membagikan doorprize atau sekedar berinteraksi dengan masyarakat dalam sesi tanya jawab seputar pilkada. Juru bicara KPU provinsi, Arif Budiman menyatakan, tantangan KPU dalam pilkada putaran kedua ini lebih berat, terutama dalam hal partisipasi masyarakat.

Menurut Arif, pada pilkada putaran pertama 23 Juli lalu, KPU sempat berharap angka pertisipasi masyarakat Jatim tinggi, mengingat pilkada tersebut adalah ajang pemilihan gubernur pertama yang dilakukan secara langsung oleh rakyat. "Namun kenyataan yang diperoleh di lapangan berbeda jauh. Masyarakat lebih memilih untuk tidak berpartisipasi dengan berbagai alasan," ungkapnya.

“Pucuk dicinta ulam pun tiba," imbuh Arif. Di saat KPU bekerja keras dalam upaya meminimalkan angka golput, BEM ITS menawarkan kerjasama yang dirasa dapat menarik pertisipan. "Monumen Tugu Pahlawan sebagi tempat lokasi sosialisasi sangatlah tepat. Sebab, di sinilah sebagian warga kota Surabaya berkumpul, sekedar untuk jogging, belanja, atau berkunjung ke Museum Sepuluh Nopember," ujar Arif.

Adapun mengenai sosialisasi selanjutnya, Arif menuturkan bahwa KPU provinsi akan menggelarnya kembali pada tanggal 2 November dan bertempat di Balai Pemuda Surabaya mulai pukul 06.00 WIB.(*/f@y)

Berita Terkait