ITS News

Kamis, 30 Mei 2024
22 Agustus 2008, 11:08

Bicara Tentang Metode Baru Untuk Eksplorasi Minyak

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

“Biasanya dalam shooting daerah ladang minyak hanya bisa dari satu sisi azimuth saja. Namun, dengan teknologi ini kita bisa melakukan shooting daerah dari berbagai sisi,” Jelas alumni ITS Jurusan Fisika ini.

Teknologi dalam eksplorasi minyak memang saat ini sangat dibutuhkan, terlebih di era krisis energi saat ini. Yehuda, Mahasiswa Geofisika menyatakan bila selama ini metode tentang eskplorasi minyak masih menggunakan metode teknik biasa. Mulai dari menentukan daerah yang diduga mengandung sumber minyak dengan data-data seismik. “Nah metode yang Pak Paul bicarakan sekarang ini adalah teknologi baru,” jelasnya.

Dalam rangkaian acara ini juga akan menghadirkan peneliti geologi dari Badan Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (BPLS), Hardi Prasetyo Phd. Pakar geologi ini akan membahas tentang keuntungan public domain untuk segala keperluan khususnya untuk studi aliran Lumpur Sidoarjo. Hampir acara ini nantinya akan dihelat pada Selasa (26/8), di jurusan Fisika.

Acara short course ini adalah acara bulanan yang diadakan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember Student Chapter Of American Association of Petroleum Geologist (ITS SC-AAPG). ITS SC-AAPG sendiri merupakan salah satu wadah organisasi mahasiswa Geofisika untuk menunjang pengetahuan tentang aplikasi dunia geofisika. (yud/han)

Berita Terkait