ITS News

Sabtu, 25 Mei 2024
20 Agustus 2008, 18:08

Gelar UKM Expo, Formulir Pendaftaran Ludes

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Selama dua hari penuh Gedung SCC mendadak dipenuhi lautan manusia. Hiruk-pikuk maba pun bercampur dengan suara MC dan pemeraga UKM. Demikan sedikit gambaran dari UKM Expo yang menuai sukses besar tahun ini. Bayangkan saja, bahkan seribu formulir yang dibagikan pada masa Informasi dan Orientasi (IO) ludes dalam kurun waktu setengah jam.

Mengenai besarnya minat maba dalam bidang UKM, Rinto selaku sie acara UKM Expo punya komentar tersendiri. ”Hal ini disebabkan adanya program baru Satuan Ekstra Mahasiswa (SKEM),” papar Rinto. Menurutnya, SKEM ditengarai membuat maba berlomba-lomba untuk mengikuti kegiatan UKM. Pasalnya, SKEM menuntut mahasiswa baru agar mendapatkan seribu poin yang diperolehnya bila ia mengikuti kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa.

Dalam menyambut antusiasme maba yang besar, UKM Expo pun mempunyai beberapa konsep yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Kali ini peragaan tiap UKM disatukan dalam satu arena. Hal ini dimaksudkan agar arena yang dijadikan tempat peraga lebih terkoordinir. Selain itu, perbedaan lainnya dalah masalah waktu. Tahun ini UKM Expo sengaja digelar sebelum OMB berlangsung karena dalam Formulir Rencana Studi (FRS) maba terdapat pilihan UKM

Tak kurang dari 27 UKM di ITS turut memeriahkan acara yang diadakan untuk mengenalkan UKM pada maba ini. Selain pemeragan di arena, stan-stan UKM juga turut menghiasi acara tersebut. Antusiasme maba dalam mengikuti acara ini pun sudah tak terbendung lagi. ”Acaranya seru karena kita bisa mengenal lebih jauh UKM yang diminati,” ujar Vina, salah seorang maba.

Namun, Rinto berharap maba mengikuti UKM tak hanya karena poin yang akan didapatnya untuk SKEM. ”Fungsi utama UKM adalah menyalurkan niat, bakat, dan minat. Bukan cuma mendapatkan poin saja,” ungkap Rinto. (nrf/ap)

Berita Terkait