ITS News

Minggu, 19 Mei 2024
05 Agustus 2008, 00:08

Teknik Informatika Adakan Workshop Internasional

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

ICTS merupakan konferensi tahunan Teknik Informatika yang dihelat bersama Faculty of Engineering Kumamoto University (Japan) dan JICA PREDICT-ITS. Di dalamnya, dibahas berbagai macam perkembangan dibidang teknologi informasi dan komunikasi serta computer science. “Kegiatan semacam ini telah diadakan sejak tahun 2005 oleh jurusan Teknik Informatika,” ucap Tohari Ahmad, Koordinator Organizing Committee ICTS.

Pembukaan ICTS 2008 ditandai dengan digelarnya workshop Man-Machine Interaction yang diisi oleh tiga pembicara kelas internasional. Pertama, Prof Dr Leon J M Rothkrantz, Technische Universiteit (TU) Delft Netherlands,  yang mempresentaikan berbagai software handal yang dapat membantu manusia. Diantaranya yang ia pamerkan adalah iCat, robot kucing yang mempunyai perasaan mirip dengan kucing asli dan AIBO, robot anjing yang juga memiliki emosi. “Robot ini mempunyai berbagai macam emosi yang dapat berubah-ubah,” ujar Prof Dr Leon J M Rothkrantz.

Tak kalah canggihnya, Siska Fitrianie, mahasiswi Phd Technische
Universiteit Delft Netherlands, mempresentasikan Multimodal Human Interaction Computer. Software ini menerapkan sistem icon untuk memudahkan user agar mengetik tak terlalu lama. Data juga dapat direpresentasikan dalam bentuk icon. Adapun pembicara ke tiga adalah Tomohiko Igasaki dari Kumamoto University, Japan. Ia menyampaikan paper yang menggabungkan ilmu kedokteran dan teknologi informasi.(m3/f@y)

Berita Terkait