ITS News

Minggu, 28 April 2024
04 Juli 2008, 00:07

Tahun Ini, ITS Terima 1058 Maba PMDK

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Kabag Pendidikan dan Kerjasama BAAK ITS Ir Agus Sunaryo, jumlah maba PMDK yang melakukan daftar ulang dari tahun ke tahun relatif sama. ”Tidak ada perbandingan yang signifikan. Memang setiap tahun yang daftar ulang sekitar 80-90 persen,” tuturnya. Kesempatan daftar ulang untuk maba dari jalur PMDK reguler memang dibarengkan dengan pelaksanaan SNMPTN.

Ke 1058 maba ini merupakan hasil saringan empat jalur PMDK. Yaitu, Reguler 297 orang, Kemitraan dan Mandiri 680 orang, Berprestasi 15 orang, serta Berbeasiswa bagi ekonomi lemah 47 orang.

Selain itu, ITS juga mempunyai kerjasama dengan pemerintah kabupaten/kota di Madura melalui program beasiswa unggulan Madura. ”ITS membuka kesempatan bagi putra putri terbaik daerah untuk menimba ilmu disini,” paparnya. Ini merupakan tahun pertama ITS melaksanakan program ini. Dari program ini terjaring 19 mahasiswa baru.

Agus menambahkan, beberapa jurusan juga mempunyai program PMDK khusus. Seperti jurusan Teknik Sipil yang membuka PMDK Indonesia Bagian Timur (IBT). ”PMDK ini dikhususkan hanya untuk SMU di Indonesia bagian Timur, “ jelasnya. Sedangkan jurusan Teknik Mesin, seperti tahun-tahun sebelumnya membuka PMDK khusus untuk pelajar perempuan.

Untuk Beasiswa Kemitraan dan Mandiri memang di kenakan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) lebih besar Ketimbang jalur PMDK lainnya. Meski begitu, pada kegiatan perkuliahan nanti Mahasiswa yang masuk melalui jalur PMDK mandiri dan kemitraan tidak dikenakan perlakuan khusus. (az/rif)

Berita Terkait