ITS News

Jumat, 17 Mei 2024
23 Juni 2008, 09:06

Inovasi Baru Umdes 2008, Pendaftaran Secara Online

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Menurut Kajur Despro Ir Baroto Tavip Indrojarwo MSi yang berbeda dalam pelaksanaan Umdes kali ini adalah cara pendaftarannya. Selain cara pendaftaran manual dengan membeli formulir langsung di Despro, panitia juga membuka cara pendaftaran baru yaitu via online. Teknisnya sendiri menurut Baroto calon mahasiswa cukup membuka website ITS. Di website tersebut sudah tersedia link khusus bagi calon mahasiswa yang berminat untuk mendaftar Umdes. Tata cara mendaftar via online pun dijabarkan dengan lengkap di sana.

Menurut Baroto lagi pendaftaran via online ini digagas untuk memudahkan calon mahasiswa terutama yang berasal dari luar Jawa untuk mendaftar Umdes. Sayangnya pendaftaran via online ini kurang disosialisasikan sebelumnya ."Sebenarnya pendaftaran mahasiswa di semua jurusan di ITS nantinya diharapkan akan memiliki jalur online. Despro adalah sebagai pionir jurusan yang membuka pendaftaran via online,” jelas Baroto.

Namun karena merupakan program baru Baroto mengaku bahwa program ini tak lepas dari kekurangan. Verifikasi data contohnya. Berbeda dengan pendaftaran manual yang data-datanya bisa langsung dicocokkan benar tidaknya, pada pendaftaran via online mau tak mau panitia sementara harus percaya pada data yang diisikan oleh calon mahasiswa. Misalnya saja data nilai Unas. Verifikasi data bagi pendaftar via online baru bisa dilaksanakan saat pelaksanaan Umdes. Hal-hal teknis seperti inilah yang menurut Baroto akan panitia perbaiki kedepannya.

Di sisi lain, dari segi materi tes Umdes tahun ini tidak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Akan ada dua jenis tes yaitu tes potensi akademik serta tes menggambar. Tes potensi akademik berjumlah seratus soal yang terdiri dari logika matematika, logika verbal serta logika bentuk dan ruang. Logika verbal terdiri dari soal Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang berbasis GMAT TOEFL. Sedangkan tes menggambar medianya adalah kertas A3 dengan menggunakan pensil B dan 2B. Menurut Baroto  persentase nilai bagi kedua jenis tes ini seimbang.

Dari sisi persyaratan peserta pun tidak banyak berubah. Lulusan SMA, MA maupun SMK angkatan 2005 dan sesudahnya dipersilakan untuk mengikuti Umdes dengan catatan tidak buta warna dan bebas narkoba. Pendaftaran peserta Umdes ini sendiri masih akan dibuka hingga tanggal tujuh Juli mendatang.(tyz/asa)

Berita Terkait