ITS News

Minggu, 19 Mei 2024
15 Mei 2008, 16:05

ITS Siap Gelar KRI-KRCI Regional IV

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sulitnya tim-tim lemah khususnya dari luar jawa untuk lolos dalam putaran final KRI-KRCI menjadi alasan bagi panitia pusat untuk memecahnya menjadi empat regional. Setiap peguruan tinggi pun hanya diperkenankan mengirimkan satu robotnya. “Dengan sistem baru ini diharapkan akan banyak peserta dari setiap daerah yang ikut berlaga dalam KRI-KRCI Regional,” ungkap Wiratno, Ketua Panitia KRI-KRCI Regional IV.

Namun begitu, dari 30 Perguruan Tinggi yang akan berlaga di Regional IV hanya 6 tim yang mewakili PT di luar Jawa Timur. Itupun bersal dari kota Makassar, Mataram, dan Kupang. Untuk regional IV, 21 tim akan berlaga dalam KRI dan 49 tim akan mengadu kecerdasan dalam KRCI yang terbagi lagi dalam divisi Expert, Expert Swarm, Berkaki, dan Beroda.

Tahun ini, KRI akan menggelar perlombaan dengan tema Panjat Pinang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tema tahun ini pun disesuaikan dengan tema Abu Robocon 2008 di India, Govinda. Tema ini sengaja diambil dari salah satu upacara tradisional masyarakat India. Tiga tim teratas akan berlaga pada tingkat nasional di Universitas Indonesia (14/6) nanti. Sang Juara akan berlaga dalam kejuaraan Asia, Abu Robocon 2008 di Pune, India dan Trinity Fire Fighting Robocon 2009 di Trinity College of Technology, Amerika Serikat.

Pembukaan akan dimulai pukul 08.00, Sabtu (17/5) di Graha Sepuluh November. Namun kesibukan tim sudah akan terlihat sehari sebelumnya. Selain Technical Meeting, pada hari Jumat sehari sebelum pertandingan akan dilakukan penimbangan dan pengukuran robot serta Running Test untuk tiap-tiap tim.

Selain tiga tim teratas yang akan lolos ke UI. KRI-KRCI Regional IV ini juga akan memperebutkan penghargaan Desain Terbaik. Sedangkan khusus tim KRCI akan memperebutkan Piala Menkominfo sebagai robot dengan algoritma terbaik.

Tidak hanya perlombaan robot antar perguruan tinggi. Panitia KRI-KRCI Regional IV juga menghelat beberapa kegiatan pendukung sebelum, saat, dan sesudah kontes robot yang kebanyakan untuk segmen siswa SMA. Diantaranya adalah workshop pembuatan robot line tracer, Festival Poster dan Jingle nada tunggu dan nada dering, festival gambar untuk TK dan SD dengan tema di Mimpiku Ada Robot, serta beberapa kegiatan lainnya. (mtb/han)

Berita Terkait