ITS News

Minggu, 28 April 2024
04 Mei 2008, 17:05

ITS Jadi Tuan Rumah Mukernas VII Himitekindo

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Tahun ini ITS kembali mendapat kehormatan berupa menjadi tuan rumah untuk gelaran akbar mahasiswa kelautan Indonesia, Mukernas Himatikindo. Acara yang mengundang mahasiswa kelautan dari seluruh Indonesia ini rencananya akan diawali dengan acara Welcome Party yang dilaksanakan pada kamis (1/5). Bertempat di ruang seminar FTK, acara ini diformat dalam bentuk semi formal. Menurut Hadi Sholehan, salah satu panitia acara ini. Peserta Mukernas berasal dari berbagai daerah di Indonesia, tak heran jika sebagian besar dari mereka belum mengenal satu sama lain.

Delegasi yang hadir pada malam ini antara lain berasal dari Universitas Syah Kuala, Universitas Sriwijaya, Universitas trunojoyo, Universitas Hasanudin dan Institut Taknologi Bandung. “Sebenarnya, masih banyak lagi delegasi yang ikut pada Mukernas kali ini, berhubung terbentur jadwal yang padat dari masing–masing universitas. Banyak delegasi yang baru bisa hadir esok hari,“ ungkap Hadi.

“Maka dari itu kami mengkondisikan acara pengawal Mukernas ini dalam bentuk semi formal supaya masing–masing peserta dapat mengenal lebih jauh peserta yang lain dan menciptakan suasana akrab antar peserta,“ papar Hadi.

Acara diawali dengan sambutan dari ketua panitia dilanjutkan sambutan oleh perwakilan dari Badan Pengawas (BP) Himitekindo, Paramitha. “Mahasiswa yang hadir disini adalah kader–kader pilihan bangsa. Maka dari itu, mari kita manfaatkan waktu 3 hari mendatang secara maksimal. Menyatukan pikiran dan semangat demi kemajuan bahari Indonesia,“ ujar Mitha yang juga seorang mahasiswi Jurusan Oceanografi ITB angkatan 2004. Di akhir sambutannya, Mitha yang energik ini mengajak seluruh peserta berteriak lantang, “Hidup bahari Indonesia!“. Disambut dengan tepuk tangan meriah oleh seluruh peserta menambah semangat bahari makin terasa malam itu. Tak lupa Mitha mengucapkan terimakasih yang sebesar–besarnya atas kerja keras seluruh panitia demi terselenggaranya kegiatan ini.

“Walaupun kami datang dari ujung barat sana dan sudah menempuh perjalanan yang melelahkan selama satu hari penuh tapi kami sangat senang dan semangat untuk mengikuti Mukernas ini, “ ujar Suri Febri, delegasi yang berasal dari Universitas Syah Kuala Aceh. Suri mengatakan sangat terkesan atas pengalaman pertamanya mengikuti Mukernas VII Himitekindo tahun ini.

Setelah perkenalan singkat dari masing-masing delegasi agenda acara berlanjut pada sesi ramah tamah. “Selaku tuan rumah kami berusaha maksimal untuk dapat membuat para delegasi merasa nyaman selama berada di ITS,“ pungkas Hadi.

Agenda Mukernas akan diawali dengan Seminar Nasional pada hari Jum’at (2/5). Setelah itu rangkaian kegiatan akan memasuki agenda inti yaitu musyawarah nasional yang akan terlaksana hingga hari Sabtu (3/4). Di hari terakhir, panitia akan mengajak seluruh delegasi untuk berwisata ke pantai Kenjeran dan berlayar bersama tim Maritim Chalenge ITS.(az/ap)

Berita Terkait