ITS News

Minggu, 19 Mei 2024
26 April 2008, 12:04

HMTL Tanam 300 Pohon di Kenjeran

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pagi itu, Sekitar 100 mahasiswa Teknik Lingkungan dan dari UPN Surabaya memenuhi areal kosong yang akan ditanami pohon kawasan Taman Ria Kenjeran. Setelah menyimak arahan teknik penanaman yang benar, serentak semua menyebar membawa bibit pohon dan menanam dalam lubang yang telah disediakan sebelumnya.

Bibit pohon yang ditanam juga disertai dengan pupuk tablet yang mampu bertahan hingga setahun kedepan. Adapun bibit yang ditanam adalah dari jenis Mahoni, Trembesi, dan beberapa pohon Mangga. Kesemua bibit tersebut berasal dari DAS Brantas Surabaya, salah satu lembaga yang menyediakan bibit pepohonan di Surabaya. Gigih Ardityawan Pratama selaku Ketua Panitia mengatakan pemilihan Taman Ria Kenjeran sebagi areal penanaman dikarenakan kawasan tersebut diharapkan dapat menjadi hutan kota. Pasalnya, saat ini Surabaya minim sekali memilki hutan kota. “Mau ditanam di ITS, sudah banyak yang melakukan dan kami lihat pohon di ITS juga sudah banyak,” ungkap Gigih.

Sekretaris Jurusan Teknik Lingkungan, Rahmad Boedi Santoso juga mengatakan menanam di mana saja tidaklah menjadi masalah karena semuanya dilakukan untuk kebaikan bersama. Setidaknya dengan penanaman tersebut sedikit banyak mampu memperbaiki kualitas bumi. “Bumi telah memberikan banyak pohon keda manusia, maka berilah bumi walau hanya satu pohon,” pesan Rahmad. Gigih pun mengatakan, pemilihan penanaman pohon dalam memperingati Hari Bumi lebih karena kondisi Surabaya yang semakin memprihatinkan. Mahasiswa angkatan 2005 tersebut mengungkapkan udara di Surabaya telah naik 2 derajat celcius beberapa tahun terakhir ini. Inilah kenapa saat ini udara Surabaya semakin panas. “Penanaman bibit hari ini juga sebagai usaha dalam mengurangi efek Pemanasan Global,” ujar Gigih.

Sepekan sebelumnya, HMTL juga telah melakukan penanaman mangrove. Penanaman yang juga dilakukan di kawasan Pantai Kenjeran merupakan kontribusi para mahasiswa Teknik Lingkungan dalam rangka memperingati Hari Air. ”Kami harap semua yang ditanam dapat bermanfaaat beberapa tahun ke depan,” harap Gigih lagi. Masih dalam rangkaian kegiatan bertajuk Tribute to Earth, HMTL juga akan melakukan aksi pembagian bibit kepada masyarakat di Taman Bungkul siang harinya. (mtb/ap).

Berita Terkait