ITS News

Minggu, 19 Mei 2024
26 April 2008, 19:04

Cari Modal Tanpa Biaya

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Pagi itu, sekitar 20 peserta games entrepreneurship weekend dari berbagai universitas ini memenuhi areal perbelanjaan di pusat kota Surabaya. Setelah menyimak arahan teknik negosiasi untuk mendapatkan modal tanpa dibekali uang sepeser pun, serentak peserta menyebar mendatangi pertokoan yang ada di Tunjungan Plaza.

Mochammad Taufan Saputra selaku Kepala Divisi Enterpreneuership BEM ITS mengatakan kriteria penilaian games entrepreneurship weekend kali ini adalah memberikan peluang kepada seluruh peserta untuk mendapatkan modal sebesar-besarnya tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. “Oleh karena seluruh harta benda, baik berupa uang handphone serta kartu identitas peserta untuk sementara kami sita,” ujar Taufan, selaku panitiabe ean .

Tak ayal pula, peserta pun sering mengeluhkan kesulitan. Karena harus mengunjungi setiap pertokoan yang ada di areal perbelanjaan itu untuk meminta modal. Sebut saja, Iffah, mahasiswa dari sekolah keperawatan dari RSI Surabaya yang rela bekerja sebagai Sales Promotion Girls(SPG) di salah satu pertokoan alat olahraga. “Sulit banget mendapatkan pelanggan, padahal saya harus mendapatkan pelanggan agar dapat upah sebagai modal,”ujar Iffah.

Keluhan lainnya juga diungkapkan oleh Asdi. Peserta entrepreneurship weekend ini juga mengeluhkan kesulitan untuk mendapatkan modal. Padahal mahasiswa jurusan ilmu komunikasi UNAIR ini sudah mengunjungi beberapa pertokoan yang ada di plaza tersebut mulai dari pertokoan besar hingga distro.

Tapi selalu saja nihil, tak ada modal yang berhasil dikumpulkan. “Susahnya mendapatkan modal, padahal pertokoan dsini banyak tapi tak ada yang mau memberikan modal ataupun memberikan saya pekerjaan paruh waktu,” keluh Asdi.

Taufan pun menambahkan diadakan lomba entrepreneurship weekend kali ini sekaligus memberikan latihan kepada peserta sebagai sarana latihan untuk menjadi enterprenuer yang sukses. Dan keeesokan harinya, Divisi Enterpreneuership BEM ITS akan mengadakan seminar yang berjudul Be an Enterpreneur now or Never.

Seminar yang diadakan untuk memberikan bekal kepada para entrepreneur muda untuk pantang menyerah berusaha dan berbagi kisah sukses dengan entrepreneur sukses lainnya. Selain itu juga, nama pemenang dari games entrepreneurship weekend yang diadakan di Tunjungan Plaza Surabaya akan di umumkan. (st/jie)

Berita Terkait