ITS News

Sabtu, 27 April 2024
16 April 2008, 12:04

Himabits Kenalkan Mangrove Sejak Dini

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Sekitar 30 peserta telah bersiap. Mereka tampak tak sabar, ditemani orang tua dan guru-gurunya, bocah-bocah ini terlihat terampil menggunakan pensil warna dan krayon yang telah dibawa. Kemudian, panitia pun sigap mempersiapkan kertas gambar yang akan mereka warnai. Sembari dibagikan, panitia juga perlahan menjelaskan tentang apa itu mangrove pada bocah-bocah lucu ini.

”Ayo dek diwarnai, tanaman itu lho yang dinamakan mangrove,” celutuk Paul Fernando, salah satu panitia mengenalkan. Mahasiswa semester lima jurusan Biologi ini juga sedikit membahas kegunaan mangrove secara ekologi pada mereka. ”Mangrove ini tempat hidup kepiting dan ikan dek,” jelasnya dengan sabar.

Ternyata, tak hanya anak-anak ini yang tak mengenal mangrove. Guru dan orang tua mereka pun juga belum mengerti tentang jenis tanaman ini. Indah Anggraini misalnya, guru Taman Kanak-Kanak (TK) Sepuluh Nopember ini juga belum tahu akan mangrove. ”Selama ini saya hanya mengajari mereka menggambar pohon apel dan jeruk, baru kali ini saya tahu ada tanaman mangrove, ” komentarnya.

Senada dengan itu, Maria, seorang ibu yang mendampingi anaknya untuk mengikuti lomba ini juga mengira bahwa mangrove hanya sebagai tanaman penggangu. ”Saya kira mangrove itu tanaman yang ngringseki (mengganggu,red), makanya banyak yang menebangi,” ujarnya.

Maria menambahkan, dengan mengantarkan anaknya mengikuti lomba ini ia jadi mendapat pengetahuan baru.”Wah, saya jadi berterima kasih pada mahasiswa Biologi ITS, sekarang saya jadi mengerti manfaat keberadaan mangrove di alam,” ungkapnya.

Acara Mangrove Kita ini merupakan rangkaian dari acara Biological Opus Fair (BOF). Dalam BOF ini, mahasiswa Biologi ingin agar bidang ilmu mereka dapat juga dirasakan oleh semua pihak.”Di BOF, dari anak-anak hingga mahasiswa dewasa menjadi target peserta sasaran kami,” jelas Burhan Rosyidi, sang penggagas rangkaian acara tersebut.

Selain acara Mangrove Kita, masih ada banyak acara lainnya, seperti open talk Keep Your Virgin Area serta Gelar Produk Inovatif mahasiswa Biologi. Selain itu, masih ada Biozone yang mengikut-sertakan siswa SMA se-Jatim untuk mengerjakan soal-soal Biologi. (yud/th@)

Berita Terkait