ITS News

Minggu, 28 April 2024
05 April 2008, 13:04

Beragam Lomba dan Pameran Sukseskan LITL 2008

Oleh : Dadang ITS | | Source : -

Apa yang aku berikan untuk bumiku? Demikianlah judul talk show global warming yang dipresentasikan oleh Perwakilan Kementrian Lingkungan Hidup dan Tunas Hijau di Balai Pemuda, Surabaya. Talk show yang merupakan rangkaian kegiatan Lomba Inovasi Teknologi Lingkungan (LITL) 2008 ini mengajak masyarakat untuk lebih peduli dengan dampak global warming. Tak luput, pembicara juga memberikan tips untuk mencegahnya. Diantara tips tersebut yaitu mematikan lampu jika tidak dipakai serta membawa kantong plastik ketika belanja di mall.

Tahun ini, LITL memang berbeda dari event serupa sebelumnya. “Tahun lalu hanya lomba karya tulis, namun tahun ini lombanya lebih bervariasi,” papar Ir Mas Agus Mardiyanto PhD selaku Ketua Jurusan Teknik Lingkungan ITS. Selain lomba, ajang tahunan ini juga disemarakkan oleh berbagai pameran. Mulai dari pameran lomba mading, fotografi dan pameran inovasi teknologi yang merupakan realisasi karya peserta Perguruan Tinggi.

Mas Agus pun mengungkapkan bahwa LITL merupakan ajang peserta untuk memplublikasikan karyanya. "Semoga peserta mendatang lebih peka terhadap kondisi lingkungan," harapnya.

Sementara itu, sebanyak sepuluh tim peserta Lomba Karya Tulis LITL, baik tingkat SMA dan Perguruan Tinggi bersaing membuat inovasi di bidang lingkungan. “Inovasinya lebih bagus dari tahun kemarin. Karyanya sederhana tapi inovatif,” imbuh Mas Agus. Terbukti, tandasnya, dari berbagai karya tulis yang dipresentasikan semuanya tergolong unik.

Sebagai juara pertama LITL tingkat Perguruan Tinggi diraih oleh Aji Sambudi dan Firmmanul Catur dari Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang membuat alat untuk mencegah pencemaran sampah di sungai. Sedangkan untuk karya tulis SMA, peserta yang menjadi juara I dimenangkan oleh Ifian Nur Mujtahidin dan Grace Rahmawati dari SMAN 2 Sidoarjo yang memanfaatkan jeroan ikan Bandeng sebagai pupuk organik untuk tanaman melon.

Untuk lomba mading SMP dan SMA, masing-masing dijuarai oleh SMP YPPI 1 dan SMA 3 Denpasar. Sementara juara 1 hingga 3 lomba Fotografi berturut-turut diraih Aulia Rahman (FE Unej), Arga Setia Tama (SMAN 1 Surabaya) dan M Nurullah (PENS ITS). Acara LITL 2008 ini ditutup dengan live band performance dari Apples in The Wonderland dan Imitus Band. (nrf/th@)

Berita Terkait